Analisis Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pak Kelas V SDN I Pomalaa-Sulawesi Tenggara

Pampang, Ludia Manda (2015) Analisis Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pak Kelas V SDN I Pomalaa-Sulawesi Tenggara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
ludia_hd.docx

Download (24kB)
[img] Text
ludia_kp.docx

Download (7kB)
[img] Text
ludia_bab_1.docx

Download (11kB)
[img] Text
ludia_bab_2.docx

Download (30kB)
[img] Text
ludia_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text
ludia_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB) | Request a copy
[img] Text
ludia_bab_5.docx

Download (8kB)
[img] Text
ludia_dp.docx

Download (8kB)
[img] Text
ludia_cv.pdf

Download (206kB)

Abstract

Ludia Manda Pampang (2015), menyusun skripsi dengan sub judul “Analisis Model Pembelajaran Kooperatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Kelas V SDN I Pomalaa”. Judul ini dipilih penulis sebagai hasil observasi mengenai cara belajar dan hasil belajar siswa kelas V di SDN I Pomalaa yang menurut penulis kurang memberi dampak dan hasil yang baik bagi peningkatan mutu belajar siswa, dari hasil observasi tersebut penulis ingin meningkatkan cara belajar siswa dengan mencoba memakai metode pembelajaran yang lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif. Dari hasil penelitian ini menunjukan peningkatan belajar siswa, aktifitas guru, hasil belajar siswa berdasarkan tes tindakan siklus I, ketuntasan klasikal yang baru mencapai 80% atau memperoleh nilai > 65. Dengan nilai rata-rata 72. Meningkat pada siklus II yaitu 100% tuntas secara klasikal, artinya dari 20 siswa telah tuntas KKM dengan nilai rata-ta meningkat menjadi 77% hal ini didukung aktivitas guru pada siklus I baru mencapai persentase 93% meningkat pada siklus II mencapa 100%. Peningkatan aktivitas guru pada model pembelajaran kooperatif membawa dampak positi belajar siswa. Dari hasil evaluasi, hasil observasi dan refleksi pada setiap siklus maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAK kelas V SDN I Pomalaa, Kabupaten Kolaka. Saran dalam penelitian ini adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif sebagai salah satu alternatif dalam rangka meningkatkan hasil belajar PAK di kelas V SDN I Pomalaa, Kabupaten Kolaka.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 24 Mar 2024 20:52
Last Modified: 30 Jul 2024 10:14
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item View Item