Padang, Naomi Dua (2014) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Afektif Siswa di SMP Negeri 2 Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
naomi_hd.doc Download (152kB) |
|
Text
naomi_kp.doc Download (66kB) |
|
Text
naomi_bab_1.doc Download (62kB) |
|
Text
naomi_bab_2.doc Download (325kB) |
|
Text
naomi_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text
naomi_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text
naomi_bab_5.doc Download (30kB) |
|
Text
naomi_dp.doc Download (34kB) |
|
Text
naomi_cv.doc Download (28kB) |
Abstract
Naomi Dua Padang (20092910), tahun 2014. Menyusun Skripsi dengan judul “ “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Afektif Siswa Di SMP Negeri 2 Makale”. Masalah dalam penelitian ini merupakan pengamatan sementara penulis bahwa motivasi belajar siswa lebih dominan ke prestasi belajar kognitif, padahal yang juga sangat penting adalah penerapan pengetahuan dalam seluruh segi kehidupan yang dapat dilihat dari ranah afektifnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan oleh motivasi belajar terhadap prestasi belajar afektif siswa SMP Negeri 2 Makale khususnya kelas XI. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif, Dalam merampungkan penulisan ini penulis menempuh studi kepustakaan dan studi lapangan melalui angket dan observasi. Variabel bebas (independen) dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan variabel terikat (dependen) adalah Prestasi Belajar Afektif. Populasi yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Makale yang berjumlah 136 orang. Berdasarkan hasil uji linearitas regresi residu X terhadap Y dihasilkan F sebesar 1,618 adalah signifikan pada o= 0,101 fa>0,05) artinya hubungan antara X secara keseluruhan terhadap Y adalah linear. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa karena thitun^ tubei (4,479>1,645) maka Ho ditolak da Ha diterima artinya Motivasi Belajar siswa berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap Prestasi Belajar. Jadi koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Afektif. Semakin naik atau meningkat Motivasi Belajar, maka semakin meningkat atau naik Prestasi Belajar Afektif. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu yang mempengaruhi Prestasi Belajar siswa SMP Negeri 2 Makale adalah Motivasi Belajar siswa, dalam kategori rendah 0,275 atau sebesar 2,75%. Jadi, untuk penelitian lanjutan ada kemungkinan mengetahui faktor lain yang berpengaruh terhadap Prestasi Belajar secara Afektif siswa SMP Negeri 2 Makale.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 29 Dec 2024 10:05 |
Last Modified: | 29 Dec 2024 10:05 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3829 |
Actions (login required)
View Item |