Hubungan Keaktifan Peserta Didik dalam Mengikuti Kegiatan SMGT dengan Prestasi Belajar siswa dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SDN 7 Kapala Pitu kelas VI Kecamatan Kapala Pitu Kabupaten Toraja Utara

Sesa, Sesa (2014) Hubungan Keaktifan Peserta Didik dalam Mengikuti Kegiatan SMGT dengan Prestasi Belajar siswa dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SDN 7 Kapala Pitu kelas VI Kecamatan Kapala Pitu Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
sesa_hd.doc

Download (216kB)
[img] Text
sesa_kp.doc

Download (55kB)
[img] Text
sesa_bab_1.doc

Download (44kB)
[img] Text
sesa_bab_2.doc

Download (289kB)
[img] Text
sesa_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
sesa_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
sesa_bab_5.doc

Download (17kB)
[img] Text
sesa_dp.doc

Download (27kB)
[img] Text
sesa_cv.doc

Download (28kB)

Abstract

Sesa : 2012, Hubungan Keaktifan Peserta Didik Dalam Mengikuti Kegiatan SMG dengan Prestasi Belajar di SDN 7 Kapala Pitu. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam skripsi ini adalah: Bagaimana hubungan keaktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan SMGT dengan prestasi\belajar PAK di SDN 7 Kapala Pitu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan keaktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan SMGT dengan prestasi belajar PAK di SDN 7 Kapala Pitu. Dalam ruang lingkup gereja bentuk pendidikan yang dilakukan salah satunya adalah melalui pelayanan Sekolah Minggu sebagai rana pendidikan. Setiap anak yang mengikuti kebaktian Sekolah Minggu dibutuhkan keaktifan untuk terlibat dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh gereja. Bentuk keaktifan peserta didik dalam mengikuti setiap kegiatan SM yang di adakan di gereja seperti aktif alam mengikuti kegiatan membaca Alkitab, berdoa, mengikuti lomba CCA, mengikuti lomba kesenian, serta mengikuti lomba olah raga yang diadakan di gereja yang di maksudkan untuk meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajara peserta didik dalam mata pelajaran PAK. Di antaranya dengan aktif mengikuti kegiatan sekolah minggu. Ibadah sekolah minggu merupakan wadah untuk melengkapi mengarahkan anak untuk mengenal/mengakui dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruslamat. Dalam ibadah Sekolah Minggu anak-anak diajar untuk mengenal Firman Tuhan, mengerti ayat Alkitab melalui cerita yang menarik, membaca Alkitab, berdoa sehingga mereka semakin bertumbuh. Dari hasil penelitian menggambarkan bahwa anak yang aktif mengikuti kegiatan sekolah menggu lebih aktif dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK). Dengan demikian perlu bagi orang tua untuk mendorong anak-anak untuk aktif mengikuti kegiatan sekolah minggu.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 18 Dec 2024 15:16
Last Modified: 18 Dec 2024 15:16
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3737

Actions (login required)

View Item View Item