Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Ranah Afektif Melalui Metode Pembelajaran Inquiri bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 156 Buntu Kecamatan Gandangbatu Sillanan

Sake, Yunus (2014) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Ranah Afektif Melalui Metode Pembelajaran Inquiri bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 156 Buntu Kecamatan Gandangbatu Sillanan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
yunus_hd.doc

Download (153kB)
[img] Text
yunus_kp.doc

Download (42kB)
[img] Text
yunus_bab_1.doc

Download (99kB)
[img] Text
yunus_bab_2.doc

Download (798kB)
[img] Text
yunus_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text
yunus_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
yunus_bab_5.doc

Download (58kB)
[img] Text
yunus_dp.doc

Download (15kB)
[img] Text
yunus_lp.doc

Download (869kB)
[img] Text
yunus_cv.doc

Download (20kB)

Abstract

Yunus Sake: Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Ranah Afektif Melalui Metode Pembelajaran Inquiri Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 156 Buntu Kecamatan Gandangbatu Sillanan Penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan bahwa nilai Afektif siswa masih sangat minim yang indikasinya diakibatkan oleh berbagai macam faktor salah satunya adalah penerapan metode pembelajaran yang masih monoton ceramah. Oleh karena itu penelitian ini dimaksudkan bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan metode pembelajran Inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar PAK Ranah afektif bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 156 Buntu Kecamatan Gandangbatu Sillanan Penelitian ini menjadikan landasan teori yang berhubungan dengan topik yang akan diteliti baik menyangkut konsep Pendidikan agama Kristen dari para pakar maupun alkitab sendiri, konsep metode pembelajaran Inquiri, serta konsep hasil belajar afektif dan beberapa elemen yang bersangkut dengan penilaian tersebut. Untuk memperoleh data di lapangan maka metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian tindakan Kelas karena penelitian ini melekat pada proses pembelajran di kelas yang lebih banyak dilakukan melalui pengamatan. Dengan demikian, setelah di analisis hasil penelitian maka kesimpulan sebagai jawaban atas permasalahan dapat dilukiskan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Kristen pada ranah Afektif siswa Kelas V SDN 156 Buntu sebelum diberikan tindakan berada pada kategori kurang yang dilihat dalam perolehan nilai afektif pada aspek perilaku jujur, bertanggungjawab, percaya diri, tulus, saling menghargai dan sikap santun menunjukkan nilai yang dominan pada kategori kurang dan cukup. Artinya karakter atau perilaku siswa belum terbentuk melalui proses pembelajaran yang dilakukan. Sedangkan setelah diberi tindakan pemberlakuan metode pembelajaran inquiri hasil belajar Pendidikan Agama Kristen ranah Afektif siswa menunjukkan perkembanagan yang sangat signifikan. Khususnya pada pertemuan ke 7 nilai afektif siswa dominan berada pada kategori Baik (B) dan sanagat baik (A). (2) Teijadinya peningkatan aktivitas siswa mengikuti pembelajaran yang merupakan perilaku afektif siswa berupa kerjasama yang diperlihatkan siswa dalam kelompoknya berupa perhatian siswa terhadap teman kelompoknya,kejujuran, tanggungjawab, keberanian dan rasa percaya diri siswa, ketulusan, hubungan yang baik dalam proses belajar mengajar sesuai dengan hasil observasi yang dilakukan selama penelitian.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 18 Dec 2024 06:25
Last Modified: 18 Dec 2024 06:25
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3725

Actions (login required)

View Item View Item