Ganisi', Yohanes (2019) Pendidikan Berbasis Cerita Rakyat: Kajian Etnopedagogik Cerita Rakyat dan Relevansinya bagi Pendidikan Kristen Masa Kini di Lembang Sillanan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
yohanis_skpp.doc Download (58kB) |
|
Text
yohanis_hd.doc Download (149kB) |
|
Text
yohanis_kp.doc Download (69kB) |
|
Text
yohanis_bab_1.doc Download (45kB) |
|
Text
yohanis_bab_2.doc Download (182kB) |
|
Text
yohanis_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
|
Text
yohanis_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
|
Text
yohanis_bab_5.doc Download (14kB) |
|
Text
yohanis_dp.doc Download (33kB) |
|
Text
yohanis_cv.doc Download (48kB) |
Abstract
Yohanis Ganisi’. 1020154327. Tahun 2019, melaksanakan penelitian dengan judul: Pendidikan Berbasis Cerita Rakyat “Kajian Etnopedagogik Cerita Rakyat Dodeng dan Relevansinya bagi Pendidikan Kristen Masa Kini di Lembang Sillanan”. melalui sebuah pendidikan seseorang akan mampu memahami potensi yang ada pada dirinya dan melalui pendidikan juga seseorang akan mendapatkan bimbingan bagaimana cara yang dapat diiakukan untuk dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya agar lebih baik dan bermanfaat bagi dirinya dan bagi orang lain. Salah satu hal penting yang menjadi acuan dan sumber ajar dalam pendidikan yaitu kearifan lokal. Dalam kehidupan masyarakat, sungguh banyak kearifan lokal yang memang memiliki nilai-nilai yang dapat dijadikan sebagai sumber pendidikan dari generasi ke generasi salah satunya cerita rakyat. Penelitian ini dirampungkan melalui penelitian pustaka dan penelitian lapangan dengan wawancara serta perkunjungan dan dokumntasi obyek. Setelah melakukan penelitian dan menganalisis data, dapat disimpulkan bahwa cerita rakyat penting untuk terus dijaga dan dituturkan secara turun temurunkarena selain sebagai alat berkomunikasi dalam keluarga, cerita rakyat juga mengandung unsur-unsur pengajaran yang berkaitan pendidikan moral dan agama, sehingga anak sebagai anggota masyarakat dapat membedakan baik dan buruk bahkan atas kesadaran sendiri berbuat yang baik dan dapat menjauhi perbuatan yang buruk. Kata Kunci: pendidikan, cerita rakyat, orangtua,anak, masyarakat. Yohanis Ganisi’. 1020154327. Years 2019, carry out research on dodeng folklore and its relevance for the present christian edukation in lembang Sillanan. Through education someone will be able to understand the potential that exists in him and through education also someone will get guadance on how to do that can deveiop potential which is him to be better and useful for himself and for others. One of the important things that become a reference and source of teaching in education is local wisdom, in people’s lives, there are really manny local wisdoms that do have values that can be used as source education from generation to generation cne of them folklore. This research was completed through libarary research and field research witli interviews and visits and object documentation. After conducting research and analyzing data, it can be important to continue to be preserved and told from generation to generation because in addition to being a ineans of communicating in the family, folklore also contains teaching elements related to moral and religius eduacation,do that children as members of the community can distiuguishig good from bad even from one’s own awareness of doing good and being able to avoid bad deeds. Keywords: education, folklore, parents, chlidren, society.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 14 Dec 2024 06:07 |
Last Modified: | 14 Dec 2024 06:07 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3674 |
Actions (login required)
View Item |