Lembang, Rut Neni (2014) Suatu Kajian tentang Kompetensi Bercerita Guru Sekolah Minggu dalam Membentuk Moral Anak Sekolah Minggu di GerejaToraja Jemaat Moria Kata Klasis Malimbong. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
rut_hd.doc Download (159kB) |
|
Text
rut_kp.doc Download (67kB) |
|
Text
rut_bab_1.doc Download (94kB) |
|
Text
rut_bab_2.doc Download (205kB) |
|
Text
rut_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text
rut_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text
rut_bab_5.doc Download (14kB) |
|
Text
rut_dp.doc Download (20kB) |
|
Text
rut_cv.doc Download (17kB) |
Abstract
Rut Neni Lembang. 20103093. Suatu kajian tentang kompetensi bercerita guru Sekolah Minggu dalam membentuk moral anak Sekolah Minggu di Gereja Toraja Jemaat Moria Kata Klasis Malimbong. Dibawa bimbingan Mery Toban selaku pembimbing I dan Roby Marrung selaku pembimbing II. Skripsi ini bertolak dari latar belakang Guru Sekolah Minggu dalam mengajar anak Sekolah Minggu yang belum maksimal seperti menyampaikan cerita Alkitab dengan tidak mempertimbangkan kebutuhan anak, tidak mengadakan persiapan, membacakan pedoman di depan anak-anak, menggunakan bahasa yang sulit dimengerti oleh anak-anak, menganggap bahwa mengajar anak-anak adalah hal yang gampang sehingga tidak perlu ada persiapan, dan tidak kreatif dalam menceritakan Isi Alkitab. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan bersifat dekskriptif yaitu studi yang dilakukan untuk menemukan fakta yang tepat dan apa adanya sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan, serta teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu studi kepustakaan, wawancara, dan observasi. Dan untuk teknik analisis data penulis menggunakan tiga cara yaitu display data, reduksi data, interpretasi dan analisis. Hasil penelitian di Gereja Toraja Jemaat Moria Kata Klasis Malimbong, menunjukkan bahwa guru Sekolah Minggu belum mengetahui dan mememahami cara menyampaikan cerita Alkitab yang benar dan menarik kepada anak-anak, agar cerita Alkitab yang diajarkan dapat mengubah perilaku dan pola hidup anak baik dalam pertumbuhan iman, kebiasaan dan tingkahlaku anak. Sehingga di akhir skripsi ini penulis menyimpulkan bahwa kompetensi bercerita Guru Sekolah Minggu di Jemaat Moria Kata sudah ada yang membentuk moral anak dan masih ada juga yang belum membentuk moral anak.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 13:47 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 13:47 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3580 |
Actions (login required)
View Item |