Batara, Yulius (2006) Pengaruh Metode Belajar 5R terhadap Prestasi Belajar: suatu Studi tentang Pengaruh Metode Belajar 5R (Rekam, Ringkas, Resitasi, Renung dan Review) terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Kristen di SMP Kristen Kandora, Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja Tahun Ajaran 2004/2005. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
yulius_hd.doc Download (130kB) |
|
Text
yulius_kp.doc Download (52kB) |
|
Text
yulius_bab_1.doc Download (41kB) |
|
Text
yulius_bab_2.doc Download (345kB) |
|
Text
yulius_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text
yulius_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text
yulius_bab_5.doc Download (57kB) |
|
Text
yulius_dp.doc Download (51kB) |
|
Text
yulius_lp.doc Download (319kB) |
|
Text
yulius_cv.doc Download (7kB) |
Abstract
Yulius Batara, 2005 “PENGARUH METODE BELAJAR 5R TERHADAP PRESTASI BELAJAR” dengan sub judul “Suatu Studi Tentang Pengaruh Metode Belajar 5R (Rekam, Ringkas, Resitasi, Renung dan Review) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Kristen di SMP Kristen Kandora, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja Tahun Ajaran 2004/2005”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh metode belajar 5R (Rekam, Ringkas, Resitasi, Renung dan Review) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Kristen di SMP Kristen Kandora Tahun Ajaran 2004/2005. Untuk merampungkan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian pustaka dan penelitian lapangan di SMP Kristen Kandora, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja tahun ajaran 2004/2005 khususnya kelas II yang menjadi objek dari penelitian ini, dengan jumlah populasi 105 orang siswa dan jumlah sampel 60 orang siswa, masing-masing 30 orang sebagai kelompok eksperimen dan 30 orang sebagai kelompok pembanding. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Untuk mengetahui apakah siswa menggunakan metode belajar 5R atau tidak, peneliti mengadakan wawancara langsung dengan semua kelas II di SMP Kristen Kandora tahun ajaran 2004/2005 teknik wawancara siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan metoda statistik non parameter yaitu "uji tanda" yang diperoleh dari buku Metoda Statistik karangan Dr. Sudjana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar prestasi siswa yang menggunakan metode belajar 5R lebih tinggi daripada prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan metode belajar 5R.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 05:34 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 05:34 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3532 |
Actions (login required)
View Item |