Analisis terhadap Pemahaman Guru PAK tentang Kreativitas dalam Menggunakan Metode Pembelajaran di SMP Negeri 2 Makale, Kabupaten Tana Toraja

Todingan, Nova (2013) Analisis terhadap Pemahaman Guru PAK tentang Kreativitas dalam Menggunakan Metode Pembelajaran di SMP Negeri 2 Makale, Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
nova_hd.doc

Download (181kB)
[img] Text
nova_kp.doc

Download (64kB)
[img] Text
nova_bab_1.doc

Download (99kB)
[img] Text
nova_bab_2.doc

Download (337kB)
[img] Text
nova_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text
nova_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
nova_bab_5.doc

Download (58kB)
[img] Text
nova_dp.doc

Download (19kB)
[img] Text
nova_lp.doc

Download (111kB)
[img] Text
nova_cv.doc

Download (8kB)

Abstract

Nama : NOVA TODINGAN NIRM : 20082850 Judul Skripsi : “Analisis terhadap Pemahaman Guru PAK tentang Kreativitas dalam Menggunakan Metode Pembelajaran di SMP Negeri 2 Makale, Kabupaten Tana Toraja”. Kurikulum pendidikan selalu berkembang dengan maksud untuk meningkat kan kualitas pendidikan di Indonesia. Guru berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, guru harus membantu siswa beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan pola belajar yang baru sesuai dengan kurikulum baru. Di sinilah diperlukan kreativitas guru agar betul-betul mampu mengembangkan metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sebelum guru PAK menggunakan metode, guru seharusya terlebih dahulu memahami kreativitas dalam menggunakan metode pembelajaran. Kondisi lapangan nampak bahwa adanya siswa yang jenuh mengikuti pelajaran PAK dengan alasan bahwa guru PAK kurang kreatif dalam mengajar. Dari hasil penelitian terhadap pemahaman kreativitas guru PAK dalam menggunakan metode pembelajaran, penulis menemukan bukti bahwa guru PAK di SMP Negeri 2 Makale sudah memahami tentang kreativitas menggunakan metode dalam mengajar tetapi, guru PAK belum maksimal dan kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran karena adanya kendala-kendala yang ditemui, seperti fasilitas yang kurang mendukung atau kurang memadai dan adanya siswa sangat sulit diatur karena sudah terpengaruh dengan lingkungannya. Hal itu berarti bahwa guru PAK telah memahami bahkan berusaha menerapkan metode dalam mengajar secara kreatif dan efektif, namun kurang ditunjang oleh fasilitas yang ada.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 03 Dec 2024 18:18
Last Modified: 03 Dec 2024 18:18
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3449

Actions (login required)

View Item View Item