Peranan Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SDN No. 254 Inpres Poton Kecamatan Rindingallo, Kabupaten Toraja Utara

Sanda, Ludia (2009) Peranan Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SDN No. 254 Inpres Poton Kecamatan Rindingallo, Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
ludia_hd.doc

Download (200kB)
[img] Text
ludia_kp.doc

Download (61kB)
[img] Text
ludia_bab_1.doc

Download (66kB)
[img] Text
ludia_bab_2.doc

Download (243kB)
[img] Text
ludia_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
ludia_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
ludia_bab_5.doc

Download (61kB)
[img] Text
ludia_dp.doc

Download (21kB)
[img] Text
ludia_lp.doc

Download (62kB)
[img] Text
ludia_cv.doc

Download (5kB)

Abstract

Ludia Sanda: Peran Guru terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SDN 254 Inpres Poton, Kecamatan Rindingallo, Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peran guru dalam pembelajaran guna meningkatkan minat belajar Penelitian ini adalah sebuah penelitian lapangan yang menyajikan data sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada di lapangan penelitian, dengan satuan analisis individual. Populasi adalah Peserta didik kelas IV dan kelasV sebanyak 64 orang pada SDN 254 Inpres Poton’ tahun pelajaran 2008/2009. Besarnya sampel yang ditarik secara acak adalah 30 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu: Dokumentasi dan angket. Teknik analisis adalah distribusi frekuensi dan analisis rata-rata. Dari hasil penelitian bahwa dari rata-rata kategori tinggi dari peran guru dalam pembelajaran adalah sebesar 52,67% artinya guru sudah berperan dalam pembelajaran untuk meningkatakan minat belajar sekalipun belum maksimal. Peran guru sangat berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik, karena peserta didik yang sudah berminat umumnya meberi respon bahwa guru sudah berperan aktif dalam pembelajaran. Hipotesis Penelitian yang mengatakan” diduga guru belum berperan maksimal dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SDN 254 Inpres Poton, dinyatakan diterima. Peran guru dan minat belajar peserta didik berkorelasi (berhubungan) positif, semakin berperan guru dalam pembelajaran semakin berminat pula peserta didik belajar.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 03 Dec 2024 11:41
Last Modified: 03 Dec 2024 11:41
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item