Anak Indria: suatu Tinjauan Psikologis-Praksis Mengenai Kurikulum Pendidikan Agama Kristen untuk Anak Indria di Sekolah Minggu

Kapa, Indry (2005) Anak Indria: suatu Tinjauan Psikologis-Praksis Mengenai Kurikulum Pendidikan Agama Kristen untuk Anak Indria di Sekolah Minggu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
indry_hd.doc

Download (126kB)
[img] Text
indry_kp.doc

Download (88kB)
[img] Text
indry_bab_1.doc

Download (50kB)
[img] Text
indry_bab_2.doc

Download (218kB)
[img] Text
indry_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
indry_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
indry_bab_5.doc

Download (33kB)
[img] Text
indry_dp.doc

Download (52kB)
[img] Text
indry_lp.doc

Download (319kB)

Abstract

Anak-anak adalah masa depan gereja dan bangsa. Tidak salah Alkitab sangat menekankan mengenai keharusan memberikan pendidikan kepada mereka, antara lain dalam kitab UI. 6:4-7 dan "^at. 19:14. Kehadiran Sekolah Minggu yang merangkul anak-anak merupakan wujud kepedulian tereja terhadap anak-anak dan pelaksanaan dari amanat Allah. Namun ada satu kategori umur yang sama terlupakan oleh Gereja Toraja yaitu umur Balita (bawah lima tahun) yang dinamakan Anak rtdria. Selama ini mereka hanya digabungkan dalam kelas Anak Kecil sehingga tidak ada ziurikulum baku khusus bagi Anak Indria. Maka untuk mendapatkan desain kurikulum Pendidikan Aigama Kristen yang sesuai dengan kekhasan Anak Indria, dilakukanlah penelitian secara kepustakaan dan wawancara. Akhir penelitian ini didapatkan dua kesimpulan bahwa dari sudut psikologis (aspek fisik, kognitif, moral, sosial, emosi, kepercayaan) Anak Indria berbeda dengan Anak Kecil (6-9 tahun) Kahkan umur ini merupakan the golden age untuk mulai memberikan pendidikan. Jadi Anak Indria memiliki kekhasan dan dari kekhasan ini didesainlah kurikulum PAK untuk dipakai di Sekolah vTinggu. Desainnya sebagai barikut : Rumusan Tujuan (Tujuan SMKM-GT, Tujuan Kurikuler, "’ujuan Umum, Tujuan Khusus), Bahan/Materi Cerita. Disusul dengan poin-poin yang teridiri atas: L. Bahan Persiapan Pembimbing (Pemahaman Teks, Penghayatan Untuk Guru, Kondisi Anak), B. •ttrategi Pembelajaran (Media, Metode, Aktivitas, .Pokok-pokok Kegiatan : Pendahuluan, Inti ’cembelajaran, Penerapan), C. Evaluasi/penilaian. Desain ini telah memperhatikan tiga ha! yaitu mth cormminity (komunitas iman), experience (mengalami kebenaran dasar Alkitab secara ungsung), relalionship (hubungan yang akrab antara guru dengan anak dan anak dengan anak).

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 30 Nov 2024 06:13
Last Modified: 30 Nov 2024 06:13
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3397

Actions (login required)

View Item View Item