Palinggi', Jeni (2014) Konsep Pendidikan Agama Kristen dan Konsep Pendidikan Kristen dan Implikasinya bagi Profesionalitas Guru PAK Masa Kini. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
jeni_hd.doc Download (181kB) |
|
Text
jeni_kp.doc Download (58kB) |
|
Text
jeni_bab_1.doc Download (98kB) |
|
Text
jeni_bab_2.doc Download (177kB) |
|
Text
jeni_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text
jeni_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text
jeni_bab_5.doc Download (16kB) |
|
Text
jeni_dp.doc Download (18kB) |
|
Text
jeni_cv.doc Download (46kB) |
Abstract
Jeni Palinggi’, 20092894, dengan Judul Skripsi “Konsep Pendidikan Agama Kristen dan Konsep Pendidikan Kristen serta Implikasinya Bagi Profesionalitas Guru PAK Masa Kini”. Alasan mengangkat judul ini adalah untuk menguraikan konsep Pendidikan Agama Kristen dan konsep Pendidikan Kristen serta bagaimana impilikasinya bagi guru PAK masa kini. Melalui uraian tersebut, dapat memberi pemahaman kepada pembaca mengenai kedua konsep tersebut sehingga pada akhirnya, konsep Pendidikan Agama Kristen dan Pendidikan Kristen dapat dipahami. Dan pada akhirnya guru PAK dapat memahami secara benar akan tanggung jawabnya sebagaimana seorang guru harus profesional menjalankan tugasnya. Dari alasan di atas, maka penulis mengkaji mengenai Konsep Pendidikan Agama Kristen dan Konsep Pendidikan Kristen. Dalam penulisan Skripsi ini, penulis menggunakan metode Studi Pustaka untuk mencari landasan teoritis yang ada hubungannya dengan Pendidikan Agama Kristen dan Pendidikan Kristen melalui buku-buku referensi yang penulis harapkan dapat membantu penulis dalam menyelesaikan Skripsi ini. Di akhir Skripsi ini penulis menyimpulkan bahwa Pendidikan Agama Kristen dan Pendidikan Kristen merupakan kedua konsep yang bertujuan untuk pendewasaan iman, dengan menjadikan Firman Tuhan (Alkitab) sebagai pedoman hidup. Dibalik tujuan yang sama, kedua konsep ini berbeda dalam pelaksanaanya. Pendidikan Agama Kristen merupakan pengajaran mengenai Agama Kristen, sedangkan Pendidikan Kristen memiliki cakupan yang lebih luas, yakni penerapan tentang nilai-nilai hidup yakni nilai kristiani. Sehingga Pendidikan Kristen harus menjiwai seluruh aspek hidup orang Kristen termasuk dalam pelaksanaan PAK. Pendidikan Agama Kristen dijiwai oleh Pendidikan Kristen sehingga harus benar-benar menanamkan nilai Kristiani. Melalui pemahaman yang benar bagi guru PAK terhadap kedua konsep tersebut maka guru PAK hendaknya menanamkan nilai-nilai Kristiani bagi Peserta didik. Tidak hanya untuk diajarkan melainkan harus dinampakkan melalui sikap dan tindakan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 14:12 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 14:12 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3383 |
Actions (login required)
View Item |