Sudah Tercapaikah?: suatu Tinjauan Teologis-Praktis tentang Hubungan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan Perkembangan Ranah Afektif dan Ranah Psikomotorik Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sanggalangi’

Farni, Farni (2009) Sudah Tercapaikah?: suatu Tinjauan Teologis-Praktis tentang Hubungan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan Perkembangan Ranah Afektif dan Ranah Psikomotorik Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sanggalangi’. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
farni_hd.doc

Download (178kB)
[img] Text
farni_kp.doc

Download (70kB)
[img] Text
farni_bab_1.doc

Download (119kB)
[img] Text
farni_bab_2.doc

Download (1MB)
[img] Text
farni_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
farni_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
farni_bab_5.doc

Download (21kB)
[img] Text
farni_dp.doc

Download (25kB)
[img] Text
farni_lp.doc

Download (151kB)
[img] Text
farni_cv.doc

Download (8kB)

Abstract

Fami, dengan judul skripsi “Sudah Tercapaikah?” dan subjudul Suatu Tinjauan Teologis-Praktis Tentang Hubungan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan Perkembangan Ranah Afektif dan Ranah Psikomotorik Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sanggalangi’. Sebagai manusia yang terpanggil untuk mengabdikan dirinya sebagai guru, sebaiknya mempersiapkan diri untuk pencapaian prestasi belajar siswa yang maksimal dalam proses pembelajaran. Alasan penulis mengangkat masalah ini karena realitas yang terjadi banyak siswa yang telah melaksanakan proses pembelajaran, secara khusus dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK), tujuan pembelajaran pada ranah kognitif (pengetahuan) telah tercapai, namun pada ranah afektif (nilai-nilai hidup) dan ranah psikomotorik (tindakan) kadang belum tercapai. Bertitik tolak dari alasan di atas, maka penulis tertarik untuk mengkaji perkembangan ranah afektif dan ranah psikomotorik siswa dalam proses pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Sanggalangi’. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sanggalangi’, dengan populasi seluruh guru PAK dan siswa di SMA Negeri 1 Sanggalangi’. Dari jumlah populasi tersebut, diambil sampel sebanyak 3 orang guru PAK dan 30 orang siswa SMA Negeri 1 Sanggalangi’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, angket, dan wawancara. Dengan menggunakan metode penelitian tersebut, penulis mendapati bahwa proses pembelajaran PAK di SMA Negeri 1 Sanggalangi’ telah dilaksanakan dengan cukup baik, namun tujuan pembelajaran pada ranah afektif dan ranah psikomotorik belum tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 28 Nov 2024 18:51
Last Modified: 28 Nov 2024 18:51
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View Item View Item