Pendidikan Agama Kristen Berbasis Pendidikan Karakter: Kajian Teologis Praktis tentang Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Kepribadian Siswa di SMP Lentera Harapan Rantepao

Laa', Liosti (2012) Pendidikan Agama Kristen Berbasis Pendidikan Karakter: Kajian Teologis Praktis tentang Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Kepribadian Siswa di SMP Lentera Harapan Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
liosti_hd.doc

Download (147kB)
[img] Text
liosti_kp.doc

Download (69kB)
[img] Text
liosti_bab_1.doc

Download (147kB)
[img] Text
liosti_bab_2.doc

Download (512kB)
[img] Text
liosti_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
liosti_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text
liosti_bab_5.doc

Download (23kB)
[img] Text
liosti_dp.doc

Download (23kB)
[img] Text
liosti_cv.doc

Download (26kB)

Abstract

Liosti Laa’, 2010 3041: Kajian Teologis Praktis Tentang Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kepribadian Siswa di SMP Lentera Harapan Rantepao. Tidak dapat dipungkiri bahwa kehancuran bangsa kita, salah satu penyebabnya adalah kehancuran karakter. Berbagai persoalan sosial seperti membudaya dalam kehidupan berbangsa. Kasus korupsi, kekerasan atas nama kelompok dan dan agama tertentu merupakan hal yang di pertontonkan oleh media setiap saat. Kita kemudian bertanya ada apa dengan bangsa kita? Atau lebih spesifik ada apa dengan pendidikan di negeri kita? Apakah Pendidikan tidak lagi mampu untuk memberi pencerahan bagi naradidik? Pertanyaan ini tentu mengelisahkan setiap insan yang masih peduli terhadap pendidikan di negeri ini. Hal ini juga menjadi kegelisahan bagi penulis, karena itu mencoba untuk mencari secara spesifik, bagaimana pendidikan agama dalam wilayah formal sekolah. Penulis mencoba untuk menelisik bagaimana penerapan pendidikan agama sebagai pendidikan karakter. Apakah pendidikan agama, benar-benar telah memberi pengaruh dalam kehidupan siswa di sekolah atau pendidikan agama hanyalah sebuah pendidikan formal yang sama dengan pelajaran lainnya. Pendidikan agama secara teoritis harusnya berbasiskan pendidikan karakter. Di mana pendidikan tidak hanya bisa dilihat sebagai pendidikan yang bermain pada wilayah kognitif, tetapi mestinya dia menjadi pendidikan karakter yang mampu membentuk kepribadian siswa. Jika pendidikan agama hanya bisa bermain pada rana kognitif, maka dia tidak ada bedanya dengan pendidikan lainnya. Pandangan ini di atas kemudian mendorong penulis untuk meneliti, sejauh mana pendidikan agama telah diterapkan di sekolah sebagai pendidikan yang berbasis pendidikan karakter. Di mana penulis mencoba untuk melakukan penelitian disebuah sekolah yang memberlakukan pendidikan karakter. Penelitian yang dilakukan oleh penulis dengan metode penelitian kuantitatif, ternyata sangat berbeda dengan hipotesa awal. Bahwa pendidikan agama yang mestinya mampu menjawab kegelisahan masyarakat sebagai pendidikan yang berbasis karakter tidakla demikian. Hasil penelitian memperlihatkan sebuah gambaran yang sangat berbeda. Karena itu sangatlah menarik untuk mengkaji dan memberi penilaian, terhadap hasil penelitian yang telah dilakukan. Bagaimana mungkin pendidikan agama tidak memberi pengaruh terhadap pembentukan karakter siswa. Gambaran penelitian ini merupakan sebuah gambaran umum bahwa ada sesuatu yang salah dalam penerapan pendidikan karakter. Secara teoritis dapat dikatakan telah dilaksanakan, tetapi dalam praksisnya belum cukup baik sehingga tidak memberi pengaruh. Tulisan ini mencoba mengambarkan mengapa hipotesa awal berbeda dengan hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 19 Nov 2024 14:22
Last Modified: 19 Nov 2024 14:22
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3233

Actions (login required)

View Item View Item