Fitria, Nela (2020) Kajian Teologis Praktis tentang Realisasi dan Optimalisasi Pelayanan Pendeta di Delapan Jemaat Berdasarkan Perspektif Manajemen Pelayanan Gerejawi di Gereja Toraja Mamasa Klasis Messawa. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
nela_skpp.doc Download (41kB) |
|
Text
nela_hd.doc Download (117kB) |
|
Text
nela_kp.doc Download (75kB) |
|
Text
nela_bab_1.doc Download (132kB) |
|
Text
nela_bab_2.doc Download (196kB) |
|
Text
nela_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text
nela_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text
nela_bab_5.doc Download (15kB) |
|
Text
nela_dp.doc Download (26kB) |
|
Text
nela_lp.doc Download (525kB) |
|
Text
nela_cv.doc Download (24kB) |
Abstract
ABSTRAK NELA FITRIA, NIRM 2020164620, Judul skripsi “Kajian Teologis Praktis Tentang Realisasi dan Optimalisasi Pelayanan Pendeta di Delapan Jemaat Berdasarkan Perspektif Manajemen Pelayanan Gerejawi di Gereja Toraja Mamasa Klasis Messawa”. Di bawah bimbingan Dr. I Made Suardana, M.Th dan Darius, M.Th. Pendeta merupakan seorang yang dipanggil dan dipilih oleh Allah untuk mengembalakan umat-umat-Nya di dunia ini dengan baik. Pendeta diurapi untuk menjadi seorang gembala yang menuntun domba-domba Allah melalui pelayanan-pelayanan gerejawi. Di Klasis Messawa, seorang pendeta yang melayani delapan jemaat. Oleh karena itu bagaimana kajian teologis praktis tentang realisasi dan optimalisasi pelayanan pendeta di delapan jemaat berdasarkan perspektif manajemen pelayanan gerejawi di Gereja Toraja Mamasa Klasis Messawa? Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pendeta mengatur pelayanan khususnya pelayanan hari minggu dengan membuat jadwal, dalam prosesnya pendeta seringkali tidak hadir sesuai jadwal yang dibuat. Sedangkan pelayanan di luar pelayanan hari minggu seperti pembinaan, perkunjungan, pengawasan terhadap kemumiaan ajaran gereja jarang dilaksanakan di jemaat, tidak ada kontrol pelayanan pendeta terhadap pelayanan majelis, tidak dilaksanakannya rapat bersama dengan semua majelis gereja delapan jemaat untuk membahas tentang program pelayanan tahunan. Oleh karena itu realisasi dan optimalisasi pelayanan pendeta berdasarkan manajemen pelayanan gerejawi tidak maksimal.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 15:27 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 15:27 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2716 |
Actions (login required)
View Item |