Peran Guru Sekolah Minggu dalam Meningkatkan Efikasi Diri Anak Sekolah Minggu Kelas Besar Usia 9-12 Tahun di Gereja Kibaid Jemaat To'sadipe

Tangko, Cen Ratih (2022) Peran Guru Sekolah Minggu dalam Meningkatkan Efikasi Diri Anak Sekolah Minggu Kelas Besar Usia 9-12 Tahun di Gereja Kibaid Jemaat To'sadipe. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
cen_skpp.doc

Download (40kB)
[img] Text
cen_hd.doc

Download (210kB)
[img] Text
cen_kp.doc

Download (66kB)
[img] Text
cen_bab_1.doc

Download (56kB)
[img] Text
cen_bab_2.doc

Download (236kB)
[img] Text
cen_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text
cen_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
cen_bab_5.doc

Download (14kB)
[img] Text
cen_dp.doc

Download (20kB)
[img] Text
cen_lp.doc

Download (257kB)
[img] Text
cen_cv.doc

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Efikasi diri ialah suatu kemampuan, tekad serta keyakinan seseorang dalam melakukan suatu tugas dan tanggung jawab yang diberikan, dengan adanya efikasi diri sangat membantu seseorang dalam menyelesaikan tugas tersebut. Demikan pun anak-anak sekolah minggu sebagai para penerus gereja pada masa yang akan datang sangat membutuhkan yang namanya efikasi diri, untuk itu perlu adanya peran dari guru sekolah minggu dalam meningkatkan efikasi diri anak sekolah minggu. Hal inilah yang hendak penulis kaji bagaimana peran guru sekolah minggu dalam meningkatkan efikasi diri anak sekolah minggu kelas besar usia 9-12 tahun di Gereja Kibaid Jemaat To'sadipe. Metode yang digunakan penulis dalam kajian ini ialah metode kualitatif dengan teknik studi pustaka, wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini yaitu pendeta, guru sekolah minggu, dan anak sekolah minggu kelas besar usia 9-12 tahun. Berdasarkan hasil penelitian di Gereja Kibaid jemaat To'sadipe ditemukan bahwa peran guru sekolah minggu dalam meningkatkan efikasi diri anak seperti memberi ruang dan mengadakan latihan sudah dilaksanakan akan tetapi belum terlakasana secara optimal. Hal ini terlihat bahwa masih ada anak-anak sekolah minggu yang belum mau terlibat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan di gereja maupun diluar gereja karena takut dan merasa tidak mampu untuk melakukan hal tersebut. Kata Kunci :Peran Guru Sekolah Minggu, Efikasi Diri

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 12 Sep 2024 20:33
Last Modified: 12 Sep 2024 20:33
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2437

Actions (login required)

View Item View Item