Penan, Marta (2015) Komunikasi dan Pembelajaran: Dampak Bahasa Daerah dalam Proses Pembelajaran Kelas V di SDN 368 Panangan, Kecamatan Simbuang Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
marta_hd.doc Download (193kB) |
|
Text
marta_kp.doc Download (65kB) |
|
Text
marta_bab_1.doc Download (115kB) |
|
Text
marta_bab_2.doc Download (533kB) |
|
Text
marta_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text
marta_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text
marta_bab_5.doc Download (68kB) |
|
Text
marta_dp.doc Download (21kB) |
|
Text
marta_lp.doc Download (94kB) |
|
Text
marta_cv.doc Download (4kB) |
Abstract
Marta Penan; 20113216. Pada tahun 2015 menyusun skripsi yang berjudul: KOMUNIKASI DAN PEMBELAJARAN. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Dampak Bahasa Daerah dalam Proses Pembelajaran kelas V di SDN 368 Panangan, Kec. Simbuang, Kab. Tana Toraja. Pembimbing I: Pdt. Semuel Tokam, M.Th. dan pembimbing II: Novita Toding, M.Pd. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu. Dalam proses pembelajaran sukses atau tidaknya siswa dalam menerima materi tergantung dari bagaimana cara guru mengomunikasikannya. Di negara kita guru yang bertugas di daerah terpencil sebisa mungkin guru harus pintar dan menguasai bahasa setempat karena di daerah-daerah tertentu masih banyak siswa yang belum terlalu mengerti dengan penggunaan Bahasa Nasional. Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam menyampaikan materi ajar. Dalam hasil penelitian dengan menggunakan metode kualitatif yai_tu mengamati dan melakukan wawancara, membuktikan bahwa komunikasi yang baik sangat berpengaruh bagi tingkat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan bahasa sesuai konteks dalam komunikasi merupakan salah satu faktor penentu bagi kesuksesan siswa dalam memahami materi ajar, menciptakan relasi interaksi yang baik sehingga tidak memimbulkan kesalahpahaman. Sehingga di akhir skripsi ini penulis menyimpulkan bahwa pengunaan bahasa daerah dalam proses pembelajaran di SDN 368 Panangan sangat penting dalam meningkatkan tingkat pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:53 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:53 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1896 |
Actions (login required)
View Item |