Palumean, Erni Salu (2017) Kajian Pedagogis tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Penerapan Keterampilan Mengajar Guru untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN 3 Rantebua Kecamatan Rantebua. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
erni_hd.doc Download (182kB) |
|
Text
erni_kp.doc Download (66kB) |
|
Text
erni_bab_1.doc Download (94kB) |
|
Text
erni_bab_2.doc Download (259kB) |
|
Text
erni_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text
erni_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text
erni_bab_5.doc Download (54kB) |
|
Text
erni_dp.doc Download (27kB) |
|
Text
erni_lp.doc Download (249kB) |
|
Text
erni_cv.pdf Download (382kB) |
Abstract
ERNI SALU PALUMEAN: 20133698, 2017. Menyusun skripsi yang berjudul Kajian pedagogis Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Penerapan Keterampilan Mengajar Guru Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN 3 Rantebua Kecamatan Rantebua. Dalam penelitian ini penulis mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya penerapan keterampilan mengajar guru untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V. Hal ini berangkat dari kenyataan bahwa dalam proses belajar mengajar guru belum menerapkan keterampilan mengajar seperti halnya guru kurang menggunakan cara mengajar yang tidak menarik, tidak ada variasi dalam mengajar, mengelola kelas serta guru mengajar masih monoton sehingga mengakibatkan siswa kurang berminat mengikuti pelajaran seperti halnya siswa jarang mengerjakan tugas rumah, tidak masuk sekolah tanpa keterangan, mudah bosan, tidak bersemangat, mengantuk serta cenderung malas mengikuti pelajaran. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah faktor-faktor apa yang menyebabkan kurangnya penerapan keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di SDN 3 Rantebua Kecamatan Rantebua. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya penerapan keterampilan mengajar guru untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN 3 Rantebua Kecamatan Rantebua. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan observasi. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 3 siswa yang dipilih secara selektif yang mampu memberi informasi yang akurat tentang masalah dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru yaitu kecakapan dalam menyelesaikan tugas dan faktor- faktor yang mempengaruhi kurangnya penerapan keterampilan mengajar guru yaitu latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar, strategi penggunaan keterampilan dan sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 15:05 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 13:48 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1722 |
Actions (login required)
View Item |