Landa', Debora (2009) Peran Kreativitas Guru dan Minat Belajar: suatu Studi Praktis tentang Hubungan Peran Kreatifitas Guru terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SDN No.l Bamba, Kecamatan Rantetayo, Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
debora_hd.doc Download (109kB) |
|
Text
debora_kp.doc Download (56kB) |
|
Text
debora_bab_1.doc Download (89kB) |
|
Text
debora_bab_2.doc Download (322kB) |
|
Text
debora_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text
debora_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text
debora_bab_5.doc Download (20kB) |
|
Text
debora_dp.doc Download (24kB) |
|
Text
debora_lp.doc Download (149kB) |
|
Text
debora_cv.doc Download (21kB) |
Abstract
Debora Landa’ : PERAN KREATIFITAS GURU DAN MINAT BELAJAR Suatu Studi Praktis tentang Hubungan Peran Kreatifitas Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SDN No.l Bamba, Kecamatan Rantetayo, Kabupaten Tana Toraja” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kreatifitas guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar Peserta didik di SDN Nol Bamba, Kecamatan Rantetayo’ dan korelasi antara peran kreatifitas guru dengan minat belajar peserta didik pada SDN No. 1 Bamba, Kecamatan Rantetayo. Penelitian ini adalah sebuah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif, yaitu menyajikan data sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada di lapangan penelitian, dengan satuan analisis individual. Populasi adalah peserta didik kelas IV,V dan kelas IV dengan jumlah 74 orang. Dengan Sampel pilihan yaitu sebanyak 30 orang yang ditarik secara random (acak). Teknik Pengumpulan data; Dokumentasi dan angket. Teknik analisis adalah distribusi frekuensi dan analisis rata-rata prosentasi. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa peran kreativitas guru dalam pembelajaran belum maksimal karena guru yang berperan baru 52,67 % dengan demikian masih terdapat 47,33 % peserta didik yang menunjukkan sikap kurang berminat belajar. hipotesis penelitian yang mengatakan” Diduga guru belum berperan maksimal dalam meningkatkan Minat Belajar Peserta didik”, dinyatakan diterima, oleh karena ternyata yang berperan tinggi hanya mencapai 52,67 % berarti tidak sampai 60,00 %. Hasil penelitian disimpulkan bahwa semakin tinggi peran kreativitas guru dalam pembelajaran semakin berminat pula siswa belajar. Peran guru dan minat belajar berkorelasi positif.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | ap sarmita sumule |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 15:08 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 13:58 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1715 |
Actions (login required)
View Item |