Datu, Asni Tasik Pali (2014) Keefektifan Penggunaan Metode Ceramah dalam Proses Belajar Mengajar di Kalangan Siswa Kelas XI IPA pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMA Pelita Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
asni_hd.doc Download (225kB) |
|
Text
asni_kp.doc Download (57kB) |
|
Text
asni_bab_1.doc Download (106kB) |
|
Text
asni_bab_2.doc Download (332kB) |
|
Text
asni_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text
asni_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text
asni_bab_5.doc Download (60kB) |
|
Text
asni_dp.doc Download (23kB) |
|
Text
asni_lp.doc Download (68kB) |
|
Text
asni_cv.doc Download (33kB) |
Abstract
ASNI TASIK P ALI DATU (20092874), tahun 2014 menyusun skripsi dengan judul "Keefektifan Penggunaan Metode Ceramah dalam Proses Belajar Mengajar di Kalangan Siswa Kelas XI IPA pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMA Pelita Rantepao” Proses pembelajaran tidak pernah lepas dari peranan seorang guru dalam mempersiapkan pembelajaran kepada peserta didik. Berbagai cara yang dilakukan oleh guru untuk mencapai hasil yang maksimal. Salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran. Dalam pembelajaran, ada berbagai macam metode yang dapat dikembangkan oleh guru demi mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu metode yang paling sering digunakan adalah metode ceramah. Metode ceramah merupakan cara penyampaian materi pelajaran secara lisan oleh pengajar kepada peserta didik. Karena metode ini merupakan penuturan lisan pengajar kepada peserta didik, maka kemampuan guru dalam menggunakannya sangat dibutuhkan. Metode ini menjadi sebuah metode yang sering digunakan oleh guru dengan alasan bahwa metode ini tidak sulit untuk digunakan dan hemat dari segi tenaga bahkan pembiayaan. Kebiasaan buruk daripada guru yang menganggap bahwa pembelajaran tidak lengkap tanpa metode ceramah, membuat guru tidak mengembangkan kreatifitas dalam menggunakan metode untuk menyampaikan bahan pembelajaran kepada siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Data kepustakaan diperoleh dengan melakukan penelusuran literatur terkait, sementara itu data lapangan diperoleh dengan melakukan observasi dan wawancara secara langsung di lapangan. Wawancara ini ditujukan kepada guru kelas XI IPA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan siswa kelas XI IPA yang menjadi sasaran penelitian ini. Dalam proses belajar mengajar di SMA Pelita Rantepao khususnya dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen, metode ceramah masih efektif untuk diterapkan khususnya di kalangan siswa kelas XI EPA. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, penulis dapat menyimpulkan bahwa metode ceramah efektif dalam pembelajaran dengan melihat kondisi yang ada di lapangan bahwa siswa senang dengan penggunaan metode ceramah. Dalam pembelajaran, siswa aktif dan termotivasi dalam belajar. Sikap dan cara guru dalam menyampaikannya membuat siswa termotivasi dalam mengikuti pelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini juga dibuktikan melalui evaluasi yang diberikan. Nilai daripada para siswa ketika menggunakan metode ceramah mencapai nilai rata-rata ketuntasan. Ini menjadi bukti bahwa dengan metode ceramah, siswa dapat
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 07 Jul 2024 20:29 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 15:32 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1661 |
Actions (login required)
View Item |