Lumalan, Persiska Junianti (2013) Pembelajaran Kontekstual: Hubungan Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 3 Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
persiska_hd.doc Download (115kB) |
|
Text
persiska_kp.doc Download (93kB) |
|
Text
persiska_bab_1.doc Download (144kB) |
|
Text
persiska_bab_2.doc Download (659kB) |
|
Text
persiska_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text
persiska_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text
persiska_bab_5.doc Download (21kB) |
|
Text
persiska_dp.doc Download (26kB) |
|
Text
persiska_lp.doc Download (3MB) |
|
Text
persiska_cv.doc Download (25kB) |
Abstract
PERSISKA JUNIANTI LUMALAN, NIRM: 20082770 tahun 2013, menyusun skripsi dengan judul “Pembelajaran Kontekstual”, dan subjudul “Hubungan Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 3 Mengkendek”. Strategi Pembelajaran Kontekstual merupakan strategi pembelajaran yang berusaha melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran. Siswa tidak hanya berusaha menghafal dan memahami tetapi juga mampu menerapkan materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara strategi pembelajaran kontekstual dengan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 3 Mengkendek. Strategi Pembelajaran Kontekstual merupakan strategi pembelajaran yang menekankan keterlibatan siswa secara penuh dengan menghadirkan situasi kehidupan nyata ke dalam proses pembelajaran dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dalam merampungkan penelitian ini, penulis menggunakan metode dengan pendekatan kuantitatif yakni study pustaka dan penelitian lapangan. Dalam penelitian lapangan penulis melakukan observasi dan membagikan angket untuk diisi oleh responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus korelasi product momen dan SPSS/15. Hasil dari pengolahan data tersebut membuktikan bahwa nilai korelasi yang diperoleh adalah 0,47. Nilai Korelasi tersebut tidak sama dengan nol sehingga hipotesis Hi diterima sedangkan hipotesis Ho ditolak. Interpretasi terhadap nilai korelasi 0,47 adalah sedang, artinya bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara strategi pembelajaran kontekstual dengan prestasi belajar siswa kelas VIHpada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 3 Mengkendek.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 29 Jun 2024 19:16 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 16:07 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1588 |
Actions (login required)
View Item |