Rumante, Simon (2009) Mengendalikan Temperamen; Mengoptimalkan Potensi: suatu Kajian Psiko-Teologis terhadap Pemanfaatan Teori Hipocrates tentang Empat Temperamen Dasar Manusia dalam Pendidikan Agama Kristen di SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
simon_hd.doc Download (175kB) |
|
Text
simon_kp.doc Download (92kB) |
|
Text
simon_bab_1.doc Download (133kB) |
|
Text
simon_bab_2.doc Download (451kB) |
|
Text
simon_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text
simon_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text
simon_bab_5.doc Download (22kB) |
|
Text
simon_dp.doc Download (27kB) |
|
Text
simon_lp.doc Download (654kB) |
|
Text
simon_cv.doc Download (37kB) |
Abstract
Tidak ada yang lebih mengagumkan pada manusia selain daripada temperamen warisan mereka. Temperamenlah yang membuat semua manusia memiliki sifat-sifat yang berbeda, yang membuat masing-masing mereka secara individual seunik seperti rancangan-rancangan yang berbeda yang telah Allah berikan pada butiran-butiran salju. Temperamen adalah kekuatan yang tidak tampak yang mendasari tindakan manusia, suatu kekuatan yang bisa menghancurkan seorang manusia yang normal dan produktif jika temperamen itu tidak didisiplinkan dan diarahkan dengan baik. Temperamen menyebabkan baik kekuatan-kekuatan maupun kelemahan-kelemahan kita. Walaupun kita suka memikirkan hanya mengenai kekuatan-kekuatan kita, semua orang memiliki kelemahan-kelemahan. Temperamen adalah sifat-sifat batin yang dibawa oleh seseorang sejak lahir yang bersifat bio-psikologis, berhubungan dengan emosi, mempengaruhi seluruh aspek kehidupan orang tersebut dan sukar untuk dirubah. Perbedaannya dengan karakter dan kepribadian adalah temperamen merupakan kombinasi dari sifat-sifat yang dengannya kita dilahirkan; karakter merupakan temperamen ‘peradaban’ kita; dan kepribadian merupakan ‘wajah’ yang kita perlihatkan kepada orang lain; Temperamen tidak dapat diubah, hanya dapat dimodifikasi, sedangkan karakter dan kepribadian besar kemungkinan untuk bisa diubah. Melalui penelitian dalam rangka penulisan karya tulis ilmiah ini, penulis menelusuri sejauh mana pemanfaatan teori Hipocrates tentang empat temperamen dasar manusia dalam PAK di SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar, melalui observasi dan angket kepada siswa-siswa Kristen sebagai responden; dan penelusuran referensi yang terkait dengan hal itu. Hasil dari penelitian ini membawa kepada kesimpulan bahwa penulis selaku guru PAK di SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar belum memuaskan keinginan atau cara belajar semua responden dengan temperamen masing-masing. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemanfaatan teori Hipocrates tentang empat temperamen dasar manusia dalam PAK di SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar belum maksimal. Hal itu dibuktikan antara lain: pengakuan sebagian besar responden bahwa pembelajaran PAK selama ini hanya “cukup menarik”, hanya sebagian kecil yang mengaku “sangat menarik”; dan hanya sebagian kecil responden yakni sekitar 25 % yang telah memperlihatkan pengendalian temperamen secara signifikan. Dalam kaitannya dengan hal itu, guru-guru PAK termasuk penulis sendiri hendaknya benar-benar mengetahui temperamen masing-masing siswanya. Dengan mengetahui secara benar hal tersebut, guru PAK dapat mengarahkan siswa-siswanya melalui pembelajaran PAK untuk semaksimal mungkin mengendalikan temperamennya dan mengubah karakter serta kepribadiannya bila tidak sesuai dengan karakter dan kepribadian Kristiani, sehingga potensi-potensi atau kekuatan-kekuatan dalam diri mereka dapat dioptimalkan dan kelemahan-kelemahan mereka dapat diminimalkan. Pembelajaran PAK hendaknya dirancang dengan memperhatikan keaneka-ragaman temperamen siswa, baik cara guru PAK mengajar, penguasaan bahan ajar, metode- metode pembelajaran PAK maupun pola pengasuhan yang sesuai dengan temperamen masing-masing siswa.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Andarias Manting |
Date Deposited: | 26 May 2024 16:06 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 10:15 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1286 |
Actions (login required)
View Item |