Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAK bagi Karakter Siswa Kelas VIII SMPN 1 Saluputti

Tulak, Yohana (2021) Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAK bagi Karakter Siswa Kelas VIII SMPN 1 Saluputti. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
yohana_similarity.docx

Download (42kB)
[img] Text
yohana_hd.docx

Download (85kB)
[img] Text
yohana_kp.docx

Download (18kB)
[img] Text
yohana_bab_1.docx

Download (26kB)
[img] Text
yohana_bab_2.docx

Download (95kB)
[img] Text
yohana_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text
yohana_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text
yohana_bab_5.docx

Download (9kB)
[img] Text
yohana_dp.docx

Download (8kB)
[img] Text
yohana_lp.docx

Download (13kB)
[img] Text
yohana_cv.docx

Download (13kB)

Abstract

Yohana Tulak (1020175313) tahun 2021. Judul skripsi yaitu “ Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PAK Bagi Karakter Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Saluputti”. Pembimbing I dalam penelitian ini yaitu Dr. Ismail Banne Ringgi, M.Th. dan Pembimbing II yaitu Novita Toding, M.Pd. Dalam dunia pendidikan model pembelajaran tidak bisa dipisahkan dari proses belajar mengajar karena merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik untuk menyajikan bahan ajar. Penggunaan model dalam pembelajaran akan menolong guru untuk mengajar sehingga peserta didik dapat memiliki daya tarik untuk aktif dalam proses pembelajaran tersebut. Adapun model yang dimaksud yaitu model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dimana dalam proses pembelajaran CTL terdapat strategi yang dapat digunakan oleh guru untuk mengajar agar pembelajaran dapat beijalan secara efektif dan peserta didik menjadi aktif dan juga menolong peserta didik untuk melihat makna dalam materi yang dipelajari dengan cara menghubungkan secara langsung kepada kehidupan keseharian siswa dalam konteks keadaan pribadi, sosial dan budaya sehingga dapat membangun karakter peserta didik. Model pembelajaran CTL sudah digunakan dalam proses belajar mengajar karena guru menganggap bahwa model pembelajaran ini yang paling efektif untuk dapat membangun karakter peserta didik. Untuk mendapatkan data yang akurat maka jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara, untuk teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman dimana dalam prosesnya berlangsung secara menyeluruh dan berkelanjutan dengan penyajian reduksi, penyajian data, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini yaitu empat orang. Penggunaan model pembelajaran CTL di SMPN 1 Saluputti secara khusus dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen sudah terlaksana dalam proses pembelajaran akan tetapi belum terlaksana secara maksimal. Respon peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAK melalui bagian-bagian dalam pembelajaran CTL peserta didik tidak aktif baik dalam penerapan pembelajaran secara kelompok dimana guru hanya menyuruh siswa untuk mencari teman kelompok sendiri maupun dalam bertanya guru hanya bertanya kepada siswa aktif sehingga dalam proses pembelajaran tidak beijalan secara efektif termasuk juga dalam membangun karakter peserta didik karena proses pembelajaran hanya didominasi oleh peserta didik yang aktif. Dengan melihat hal tersebut sangat diharapkan agar guru dapat menguasai setiap bagian- bagian penting dalam model pembelajaran CTL agar peserta didik dapat aktif terlebih karakter peserta dapat terbangun dengan baik.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 29 Apr 2024 15:40
Last Modified: 29 Jul 2024 13:46
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item