Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VIII di SMP Kristen Makale

Toding, Toding (2021) Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VIII di SMP Kristen Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
toding_hd.docx

Download (89kB)
[img] Text
toding_kp.docx

Download (167kB)
[img] Text
toding_bab_1.docx

Download (13kB)
[img] Text
toding_bab_2.docx

Download (23kB)
[img] Text
toding_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text
toding_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
toding_bab_5.docx

Download (14kB)
[img] Text
toding_dp.docx

Download (11kB)
[img] Text
toding_lp.docx

Download (354kB)
[img] Text
toding_cv.docx

Download (9kB)

Abstract

Toding “Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VII di SMP Kristen Makale” yang dibimbing oleh bapak Theo Dedy Palimbunga, M.Pd sebagai pembimbing 1 dan ibu Alfrida Lembang, M.Pd.K sebagai pembimbing 2. Dalam penelitian ini, yang menjadi tujuan penelitian penulis adalah bagaimana pemenafaatan literasi digital dalam pembelajaran PAK meningkatkan prestasi siswa kelas VIII di SMP Kristen Makale. Dalam penelitian ini, metode yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi yang di dalamnya berisi tentang indikator pemanfaatan literasi digital, kemudian pemberian tes tertulis berupa pre-tes dan pot-tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran PAK dapat meningkatkan prestasi siswa SMP Kristen Makale secara signifikan. Hal ini ditunjukkan pada siklus 1, di mana nilai rata-rata siswa di pre-tes ada pada angka 62 (Kurang) dan di post-tes 78 (Baik), yang menunjukkan peningkatan angka rata-rata 16%. Demikian pula pada siklus 2, nilai rata-rata siswa saat pre-tes ada pada angka 71 (baik), dan pada post-tesnya ada pada angka 92 (sangat baik) yakni mengalami peningkatan rata-rata 20%.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Andarias Manting
Date Deposited: 07 Apr 2024 19:04
Last Modified: 29 Jul 2024 14:41
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1017

Actions (login required)

View Item View Item