Media Pembelajaran: suatu Kajian Praktis tentang Media Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Kristen di Kelas V SDN 306 Inpres Tombang

Tanditasik, Agustina (2011) Media Pembelajaran: suatu Kajian Praktis tentang Media Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Kristen di Kelas V SDN 306 Inpres Tombang. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
agustina_hd.docx

Download (88kB)
[img] Text
agustina_kp.docx

Download (11kB)
[img] Text
agustina_bab_1.docx

Download (17kB)
[img] Text
agustina_bab_2.docx

Download (25kB)
[img] Text
agustina_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text
agustina_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB) | Request a copy
[img] Text
agustina_bab_5.docx

Download (8kB)
[img] Text
agustina_dp.docx

Download (8kB)
[img] Text
agustina_lp.docx

Download (7kB)
[img] Text
agustina_cv.docx

Download (7kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Media Pembelajaran sub judul: Suatu Kajian Praktis Tentang Media Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Kristen di kelas V SDN 306 Inpres Tombang. Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan media dalam pembelajaran PAK di kelas V SDN 306 Inpres Tombang. Dengan demikian manfaat penelitian ini secara akademik sebagai masukan bagi STAKN, khususnya bagi para mahasiswa dan calon guru PAK tentang bagaimana cara mengatasi kelemahan pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran PAK, hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber pembelajaran bagi para calon guru PAK dalam peran pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan PAK; Secara praktis mertupakan acuan praktis bagi guru PAK di SDN 306 Inpres Tombang, Kec. Rantetayo untuk mengupayakan pemakaian media belajar secara maksimal bagi siswa di sekolah demi peningkatan hasil belajar, dan sebagai bahan pertimbangan bagi guru dan instansi pendidikan agar memiliki strategi atau pendekatan memaksimalkan peran media pembelajaran bagi peningkatan prestasi belajar siswa pada bidang PAK Penelitian ini merupakan variabel tunggal. Sedangkan jumlah sampel yang diteliti 22 orang yang diambil dari jumlah populasi sebanyak 145 siswa. Peneliti memberikan angket kepada responden yang kemudian diperiksa berdasarkan teknik analisis data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran kurang berperan maksimal pada PAK, hal ini dilandasi oleh beberapa hal antara lain: siswa tidak mudah memahami materi, tujuan belajar belum tercapai dengan baik, guru belum kreatif menggunakan media belajar, siswa kurang dilibatkan dalam penggunaan media belajar, mutu pembelajaran belum dapat ditingkatkan, media belum dapat membuat siswa merasakan pengalaman belajar yang positif, siswa kurang siap menggunakan media belajar, daya tangkap dan tanggap siswa kurang bagus, motivasi belajar rendah, siswa belum dapat meningkatkan kreativitas dengan baik, dan siswa belum dapat memaksimalkan keterampilan belajarnya

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: ap sarmita sumule
Date Deposited: 06 Apr 2024 13:14
Last Modified: 29 Jul 2024 09:38
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item