Ema, Ema (2024) Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Didik di TK Silo Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
ema_skpp.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
ema_hd.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
ema_kp.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
ema_bab_1.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
ema_bab_2.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
ema_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
![]() |
Text
ema_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
![]() |
Text
ema_bab_5.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
ema_dp.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
ema_lp.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
ema_cv.pdf Download (127kB) |
Abstract
“Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Didik Di Tk Silo Makale” Metode demonstrasi merupakan metode yang dilakukan atau dipraktekan secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan contohnya dalam kegiatan pembelajaran anak didik dalam kelas. Permasalahan yang terjadi di TK Silo Makale terkait dengan peningkatan kemandirian anak didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripiskan efektifitas metode demonstrasi dalam meningkatkan kemandirian anak didik di TK Silo Makale. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kartono yaitu fungsi kemandirian mencakup berbagai aspek. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian pada pra-siklus mencapai 50% kategori (MB), siklus 1 pertemuan 1 sebesar 41% kategori (BSH) pertemuan 1 sebesar 41 %, pada pertemuan II sebesar 58% kategori (BSH) belum mencapai indikator yang diharapkan sehingga peneliti melanjutkan pada siklus II dengan peningkatan sebesar 83% pada kategori berkembang sangat baik (BSB). Sehingga penelitian dihentikan karena sudah menunjukan peningkatan 75% dari kategori BSH yang menunjukan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemandirian anak didik di Tk Silo Makale. Kata Kunci: Metode, demonstrasi , dan kemandirian. ABSTRCT “Implementation Of Demonstration Methods to Increase Students’ Independence at Silo Makale Kindergarten’ The demonstration method is a method that is carried out or practiced directtly or through the use of relevant teaching media, for example in students’learning in the classroom The promblems that occur at Silo Makale Kindergarten are related to increasing the students’ independence. The aim of this research is to find out and describe the independence of students at Silo Makale Kindergarten. The theory used in this research is the cartono theory, namely the function of independence covering various aspects. In this research, the classroom action research (PTK) method was used. The research results in the pre-cycle reached 50% category (MB), cycle 1 meeting 1 was 41% eached 50% category (MB), cycle 1 meeting 1 was 41% at meeting II was 58% category (BSH) had not reached the expected indicators so the researchers continued on cycle II with an increase of 83% in the very well developed (BSB) category. So the research was stopped because it had shown an increase of 75% in the BSH category, which showed that applying the demonstration method could increase the independence of students at Kindergarten Silo Makale.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 15:22 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 15:22 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |