Kurikulum Pendidikan Kristen Anak Usia Dini: Desain Praktis Kurikulum PAUD Usia 0-3 Tahun dalam Keluarga di Gereja Toraja Jemaat Pantan Klasis Makale Utara

Linda, Linda (2021) Kurikulum Pendidikan Kristen Anak Usia Dini: Desain Praktis Kurikulum PAUD Usia 0-3 Tahun dalam Keluarga di Gereja Toraja Jemaat Pantan Klasis Makale Utara. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
linda_skpp.pdf

Download (25kB)
[img] Text
linda_hd.pdf

Download (527kB)
[img] Text
linda_kp.pdf

Download (92kB)
[img] Text
linda_bab_1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
linda_bab_2.pdf

Download (661kB)
[img] Text
linda_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
linda_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text
linda_bab_5.pdf

Download (18kB)
[img] Text
linda_dp.pdf

Download (28kB)
[img] Text
linda_cv.pdf

Download (30kB)

Abstract

Linda. Kurikulum Pendidikan Kristen Anak Usia Dini: Desain Praktis Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Usia 0-3 Tahun dalam Keluarga di Gereja Toraja Jemaat Pantan Klasis Makale Utara. Tesis. Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Agama Kristen Institut Agama Kristen Negeri Toraja, 2021. Desain kurikulum pendidikan kristen anak usia dini usia 0-3 tahun dalam keluarga di Gereja Toraja Jemaat Pantan Klasis Makale Utara penting untuk dikaji. Seperti diketahui bahwa masa 0-3 tahun adalah masa emas bagi anak yang harus dilalui anak dengan baik untuk dapat melakukan tugas perkembangan dengan baik. Masa usia emas harus dilalui dengan stimulasi emas karena masa ini adalah masa terbaik dalam sejarah perjalanan kehidupan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain kurikulum pendidikan anak usia 0-3 tahun dalam keluarga di Gereja Toraja Jemaat Pantan Klasis Makale Utara. Usia 0-3 tahun adalah adalah usia dimana kehidupan anak berlangsung dalam keluarga sehingga keluarga bertanggungjawab penuh terhadap seluruh aspek perkembangan anak baik dari motorik, kognitif, sosial, bahasa dan spiritualitas anak. Sebagai garda terdepan dalam memberi layanan pendidikan maka orang tua membutuhkan desain kurikulum yang jelas sebagai pedoman dalam memberi layanan pendidikan bagi anak dalam keluarga agar pendidikan berlangsung dengan baik dan terarah. Pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data lewat wawancara dan observasi digunakan untuk memperoleh data yang valid. Objek penelitian adalah orang tua yang memiliki anak usia 0-3 tahun di Gereja Toraja Jemaat Pantan. Hasil penelitian adalah desain kurikulum yang tepat untuk anak usia 0-3 tahun adalah desain kurikulum berbasis pada anak artinya kurikulum yang dibangun adalah kurikulum yang memberikan tempat utama pada anak. Orang tua berperan menciptakan suasana belajar yang efektif, memberi dorongan dan bimbingan sesuai dengan kebutuhan anak. Adapun tujuan yang dicapai adalah membawa anak untuk hidup dalam takut akan Tuhan dengan isi pengajaran meliputi mengajar anak menjaga pikiran, menaati orang tua, memilih teman, mengendalikan nafsu, menjaga perkataan, dan mengasihi sesama. Kata Kunci: Kurikulum, Anak Usia Dini, Keluarga. Linda. Early Childhood Christian Education Curriculum: Practical Design of Early Childhood Education Curriculum for 0-3 Years Old in Families at the Toraja Church, Pantan Klasis Congregation, North Makale. Thesis. Postgraduate, Christian Religious Education Study Program Toraja State Christian Institute, 2021. The design of the Christian education curriculum for early childhood aged 0-3 years in the family is important to study. It is known that the 0-3 year period is a golden period for children that must be passed well to be able to carry out developmental tasks well. It must be passed with golden stimulation because it is the besi period in the history of the journey of human life. The purpose of this study w as to design an educational curriculum for children aged 0-3 years in families at the Toraja Church of the Pantan Klasis North Makale Congregation. The age of 0-3 years is the age where the child’s life takes place s o that the family is fully respons i bl e for all aspects of the child’s development from motoric, cognitive, social, language and spirituality of children. As the front line in providing educational Services, parents need a clear curriculum design as a guide in providing educational Services for children in the family so that education takes place well and directed. A qualitative approach with data collection techniques through interviews and observations was used to obtain valid data. The object of research is parents who have children aged 0-3 years at the Pantan Toraja Church. The result of the research is that the appropriate curriculum design for children aged 0-3 years is a child-based curriculum design, meaning that the curriculum that is buih is a curriculum that gives children a primary place. Parents play a role in creating an effective learning atmosphere, providing encouragement and guidance according t o the child’s needs. The goal achieved is to bring children to live in the fear of God with teaching contents including teaching children to guard their minds, obey their parents, choose friends, control their passions, guard their words, and love others. Keywords: curriculum, early childhood, family.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 11 Feb 2025 05:18
Last Modified: 11 Feb 2025 05:18
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4341

Actions (login required)

View Item View Item