Pengaruh Manajemen Sekolah terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Madandan, Kecamatan Rantetayo

Lina, Lina (2014) Pengaruh Manajemen Sekolah terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Madandan, Kecamatan Rantetayo. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
lina_hd.pdf

Download (454kB)
[img] Text
lina_kp.pdf

Download (592kB)
[img] Text
lina_bab_1.pdf

Download (443kB)
[img] Text
lina_bab_2.pdf

Download (738kB)
[img] Text
lina_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text
lina_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text
lina_bab_5.pdf

Download (335kB)
[img] Text
lina_dp.pdf

Download (383kB)
[img] Text
lina_lp.pdf

Download (1MB)
[img] Text
lina_cv.pdf

Download (270kB)

Abstract

Lina, 2014 menyusun skripsi dengan judul “Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar di SMP Kristen Madandan. Di bawah bimbingan Bapak Natanael Sesa (Pembimbing I) dan Ibu Hermin Bollan (Pembimbing II). Manajemen berbasis sekolah adalah proses mendayagunakan semua sumber dan elemen dalam sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Manajemen Berbasis Sekolah tidak terlepas dari berbagai pihak yang mempunyai tugas dan wewenang masing-masing untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar bahkan semua tujuan yang telah disusun sesuai dengan kebutuhan sekolah agar tercapai tujuan yang efektif. Efektivitas proses belajar mengajar adalah suatu tindakan yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen berbasis sekolah dan efektivitas proses belajar mengajar serta menguji dan mengetahui bagaimana pengaruh antara Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar di SMP Kr. Madandan. Untuk mengetahui pengaruh manajemen berbasis sekolah terhadap efektivitas proses belajar mengajar di SMP Kristen Madandan, maka digunakan penelitian kuantitaf untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kedua hal tersebut. Dalam hal ini maka ditetapkan variabel, variabel bebas (independen) dalam penelitian ini adalah Manajemen Berbasis Sekolah dan variabel terikat (dependen) adalah Efektivitas Proses Belajar Mengajar. Hipotesis dalam penelitian ini yakni Hipotesis asosiatif (Hl) adalah Manajemen Berbasis Sekolah memiliki pengaruh yang singnifikan terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar, sedangkan H0 Manajemen Berbasis Sekolah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhdap Efektivitas Proses Belajar Mengajar Dari metode yang digunakan dalam penelitian ini, maka manajemen berbasis sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas proses belajar mengajar di SMP Kristen Madandan, kecamatan Rantetayo. Efektivitas Proses Belajar Mengajar dipengaruhi oleh Manajemen Berbasis Sekolah. Oleh karena itu kepada semua pihak yang terlibat dalam menyelenggarakan pendidikan di sekolah yakni Dinas Pendidikan, Gereja, Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Peserta didik, Pihak Kampus, Orang Tua atau Masyarakat untuk meningkatkan kinerja dalam mengimplementasikan dan melaksakan Manajemen Berbasis Sekolah agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara khusus dapat meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 01 Feb 2025 16:39
Last Modified: 01 Feb 2025 16:39
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item View Item