Parumbuan, Yusthin Suherni (2014) Studi tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Karakter di SMP Lentera Harapan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
yusthin_hd.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
yusthin_kp.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
yusthin_bab_1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
yusthin_bab_2.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
yusthin_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
![]() |
Text
yusthin_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
![]() |
Text
yusthin_bab_5.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
yusthin_dp.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
yusthin_cv.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
yusthin_lp.pdf Download (120kB) |
Abstract
Yusthin Suhemi Parumbuan (20082807), tahun 2014 menyusun skripsi dengan judul “Studi Tentang Strategi Guru PAK Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Karakter di SMP Lentera Harapan”. Strategi pembelajaran adalah suatu perencanaan yang disusun untuk mencapai sasaran atau tujuan yang ingin dicapai dalam setiap proses pembelajaran. Strategi dalam pembelajaran yaitu dimana guru merencanakan kegiatan mengajar dan pengajarannya harus berkaitan dengan strategi yang akan digunakan dengan langkah-langkah yang efektif dan efisien, namun fakta di lapangan tidak sesuai yang diharapkan dimana Pendidikan Agama Kristen di sekolah beijalan seadanya saja, gum hanya mengajar dan memenuhi tuntutan kurikulum karena dianggap bukan materi pelajaran yang penting dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Selain itu guru terutama guru PAK hanya sekedar mentransfer ilmu sehingga belum sampai pada penerapan nilai-nilai iman Kristen bagi nara didik sehingga sekolah mengalami kegagalan dalam membentuk karakter, moral dan etika siswa. Dalam pengembangan spritualitas siswa, guru PAK harus menerapkan strategi pengajaran Yesus, dimana strategi pengajaran-Nya selalu membawah perubahan yang besar dalam diri setiap orang yang mendengar-Nya, meneladani sikap baik sebagai Guru Agung, membangkitkan rasa ingin tahu dalam diri peserta didik-Nya sehingga patut diteladani sebagai seorang guru. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui observasi dan wawancara. Jumlah narasumber yang diteliti adalah 5 guru SMP Lentera Harapan. Melalui skripsi ini diharapkan untuk dapat mengembangkan pengetahuan khususnya guru PAK supaya dalam proses belajar mengajar dapat menerapkan strategi pengajaran Yesus dan lebih memperhatikan tugas tanggung jawabnya menjadi pendidik yang utama dalam perkembangan spritualitas siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 13:32 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 13:32 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |