Pasongli, Lushiana Ambo' (2021) Implementasi Metode Perumpamaan Berdasarkan Lukas 10:25-37 oleh Guru PAK bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
lushiana_skpp.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
lushiana_hd.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
lushiana_kp.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
lushiana_bab_1.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
lushiana_bab_2.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text
lushiana_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) | Request a copy |
![]() |
Text
lushiana_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
![]() |
Text
lushiana_bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
![]() |
Text
lushiana_dp.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
lushiana_kp.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
lushiana_lp.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
lushiana_pcc.pdf Download (43kB) |
Abstract
Lushiana Ambo’ Pasongli’, 2021, Implementasi Metode Perumpamaan Berdasarkan Lukas 10:25-37 oleh Guru PAK bagi Siswa Kelas VII di SMP Kristen Makale, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, dibawah bimbingan Yan Malino, S.Th., M.Pd.K dan Yohanes Krismantyo Susanta, M.Th. Mengajar dengan menggunakan metode perumpamaan, bukanlah hal yang mudah bagi guru PAK.Berbicara mengenai perumpamaan tentu masih susah dipahami oleh siswa khususnya di kelas VII. Hal ini juga ditemui di SMP Kristen Makale dimana siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam kelas sehingga tidak semua dapat mengerti pelajaran dengan cepat. Menjadi tantangan tersendiri bagi guru PAK bagaimana menyampaikan materi pelajaran dengan metode perumpamaan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan implementasi metode perumpamaan berdasarkan Lukas 10:25-37 oleh guru PAK bagi siswa kelas VII di SMP Kristen Makale. Dalam penelitian digunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan studi kepustakaan, observasi, dan wawancara. Melalui penelitian ini akan dianalisis implementasi metode perumpamaan berdasarkan Lukas 10:25-37 oleh guru PAK bagi siswa kelas VII di SMP Kristen Makale. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis menemukan bahwa guru PAK sebelum mengimplementasikan metode perumpamaan, ia belajar dari cara penyampaian perumpamaan Yesus sebagai bahan acuan dalam pengajarannya. Ketika mengimplementasikan dalam kelas, maka guru PAK menggunakan ilustrasi, perbandingan atau cerita berdasarkan kehidupan sehari-hari dan juga melalui tanya jawab serta menyesuaikan dengan kemampuan siswa. Sebagai tindak lanjutnya maka guru PAK harus lebih kreatif dalam menggunakan metode perumpaman untuk menyampaikan ajaran Yesus berdasarkan materi pembelajaran. Kata Kunci : Metode Perumpamaan, Lukas 10:25-37, Guru PAK.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 19 Jan 2025 19:02 |
Last Modified: | 19 Jan 2025 19:02 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |