Analisis Problematika Penilaian Berbasis Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran PAK Kelas Vll di SMP PGRI Marinding

Sombo, Erni (2018) Analisis Problematika Penilaian Berbasis Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran PAK Kelas Vll di SMP PGRI Marinding. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
erni_hd.doc

Download (146kB)
[img] Text
erni_kp.doc

Download (52kB)
[img] Text
erni_bab_1.doc

Download (96kB)
[img] Text
erni_bab_2.doc

Download (351kB)
[img] Text
erni_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text
erni_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
erni_bab_5.doc

Download (23kB)
[img] Text
erni_dp.doc

Download (25kB)
[img] Text
erni_lp.doc

Download (182kB)
[img] Text
erni_cv.doc

Download (29kB)

Abstract

Emi Sombo (1020143865), 2018, menyusun skripsi dengan judul: IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN PAK KELAS VII di SMP PGRI Marinding. Penulisan skripsi ini, di bawah bimbingan Syani B. Rante Salu, M.Pd.K, sebagai pembimbing 1 dan bimbingan Dr. Setrianto Tarrapa’. sebagai pembimbing II. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah: Apa problematika guru ketika mengimplementsikan penilaian berbasis kurikulum 2013 di SMP PGRI Marinding? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui problematika guru ketika mengimplementasikan penilaian berbasis kurikulum 2013 di SMP PGRI Marinding. Dalam Kurikulum 2013, pendekatan penilaian yang digunakan adalah penilaian autentik. Pengimplementasian penilaian autentik merupakan hal yang penting karena dengan penilaian autentik akan membuat siswa untuk mengonstruksi, mengorganisasikan, menganalisis, mensintesis, menafsirkan, menjelaskan, dan mengevaluasi informasi untuk kemudian mengubahnya menjadi pengetahuan baru dan diharapkan menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penilaian kualitatif yaitu dengan observasi, wawancara, dan tes. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa problematika guru ketika mengimplementasikan penilaian kurikulum 2013 di SMP PGRI Marinding adalah penilaian kurikulum 2013 terlalu rumit dan menyita banyak waktu.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 18 Jan 2025 06:14
Last Modified: 18 Jan 2025 06:14
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4085

Actions (login required)

View Item View Item