Keteladanan Guru: suatu Kajian Teologis-Praktis tentang Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMP PGRI Buntudatu

Pasa', Herianto Maksi (2015) Keteladanan Guru: suatu Kajian Teologis-Praktis tentang Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMP PGRI Buntudatu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
herianto_hd.doc

Download (238kB)
[img] Text
herianto_kp.doc

Download (49kB)
[img] Text
herianto_bab_1.doc

Download (82kB)
[img] Text
herianto_bab_2.doc
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
herianto_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
herianto_bab_4.doc

Download (83kB)
[img] Text
herianto_bab_5.doc

Download (8kB)
[img] Text
herianto_dp.doc

Download (28kB)
[img] Text
herianto_cv.doc

Download (35kB)

Abstract

HERIANTO MAKSI PASA’: 20113189, 2015. Menyusun skripsi yang berjudul KETELADANAN GURU dengan sub judul Suatu Kajian Teologis- Praktis Tentang Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP PGRI Buntudatu, Kec. Mengkendek, Kab, Tana Toraja. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMP PGRI Buntudatu. Pembimbing 1: Pdt. Drs. D. Sangka Palisungan, M.Si., dan pembimbing 2: Petrus Tiranda, M.Th. Dalam latar belakang masalah dibahas mengenai memudarnya keteladanan guru di mana guru kurang memiliki integritas. Salah satu contoh yaitu kebiasaan guru untuk hadir di sekolah, jarang atau bahkan tidak mengikuti ibadah rutin dan membiarkan siswa berkancang dalam kebiasaan buruk. Keteladanan telah menjadi simbol sosial sekaligus secara psikologis dibutuhkan sebagai panutan di dalam diri para siswa. Guru dapat menjadi simbol bagi keteladanan, demikian pula hubungan simbolis guru dengan siswa membuat pengaruh keteladanan menjadi sangat kuat. Dengan keteladanan, para siswa mendapatkan contoh dan bantuan (scaffolding) bagi tindakan-tindakannya, seperti membentuk sikap disiplin siswa. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang data-datanya diperoleh melalui studi pustaka dan penelitian lapangan melalui kegiatan observasi dan wawancara. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 5 guru yang dipilih secara selektif yang mampu memberi informasi yang akurat tentang masalah dalam penelitian ini. Sehingga diakhir penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa sebagian guru di SMP PGRI Buntudatu belum menunjukkan sikap keteladanan yang mampu mewujudkan karakter disiplin siswa. Karena mereka sudah terbiasa tidak menjalankan tugasnya dengan baik sebagai guru.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 13 Jan 2025 11:11
Last Modified: 13 Jan 2025 11:11
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4011

Actions (login required)

View Item View Item