Adel, Adel (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Mengajar PAK Siswa Kelas VIII C Sesi Pertama di SMP Kristen 1 Tagari Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
adel_skpp.doc Download (47kB) |
![]() |
Text
adel_hd.doc Download (133kB) |
![]() |
Text
adel_kp.doc Download (68kB) |
![]() |
Text
adel_bab_1.doc Download (64kB) |
![]() |
Text
adel_bab_2.doc Download (308kB) |
![]() |
Text
adel_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (155kB) | Request a copy |
![]() |
Text
adel_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
![]() |
Text
adel_bab_5.doc Download (18kB) |
![]() |
Text
adel_dp.doc Download (50kB) |
![]() |
Text
adel_lp.doc Download (265kB) |
![]() |
Text
adel_cv.doc Download (40kB) |
Abstract
Adel (1020175302), tahun 2021 menyusun skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Mengajar PAK Siswa Kelas VIII C Sesi Pertama Di SMP Kristen 1 Tagari Rantepao” di bawah bimbingan Bapak Dr. Ismail Banne Ringgi’, M.Th dan Ibu Ice Novita Triana Lolon S.S., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas VIII C sesi pertama di SMP Kristen 1 Tagari Rantepao. Jigsaw a dalah proses pembelajaran dengan metode kelompok dimana yang menjadi pusat dalam proses pembelajaran adalah siswa itu sendiri dan guru hanya berperan membimbing siswa dalam proses diskusi. Jigsaw ini memicu keaktifan siswa dalam proses belajar karena melibatkan semua aktivitas siswa di dalamnya, sehingga akan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru karena keberhasilan dalam kelompok tergantung pada teman dalam kelompok itu sendiri. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana penulis menerapkan secara langsung proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam proses pembelajaran sambal melakukan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian menggunakan 2 siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran koopertaif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII C sesi pertama di SMP Kristen 1 Tagari Rantepao berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Kata Kunci: Jigsaw, keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 12 Jan 2025 09:20 |
Last Modified: | 12 Jan 2025 09:20 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |