Femi, Femi (2024) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Self Estem Siswa Kelas VIII.11 Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Di SMP Negeri 2 Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
femi_skpp.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
femi_hd.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
femi_kp.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
femi_bab_1.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
femi_bab_2.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
femi_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
![]() |
Text
femi_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) | Request a copy |
![]() |
Text
femi_bab_5.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
femi_dp.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
femi_lp.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
femi_cv.pdf Download (212kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya self esteem siswa di SMP Negeri 2 Rantepao kelas VIII.11. Hal itu terlihat dari perilaku siswa seperti malu dalam menyampaikan pendapatnya, tidak percaya diri akan kemampuannya dan pasif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru BK dalam meningkatkan self esteem siswa kelas VIII.11 melalui layanan bimbingan klasikal di SMP Negeri 2 Rantepao. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan observasi dengan metode penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK di SMP Negeri 2 Rantepao menjalankan perannya sebagai motivator, transmitter, fasilitator dan evaluator dalam bimbingan klasikal untuk meningkatkan self esteem siswa kelas VIII.11. Dengan melakukan perannya tersebut siswa yang memiliki masalah self esteem rendah seperti malu dalam menyampaikan pendapatnya, tidak percaya diri akan kemampuannya dan selalu diam di kelas menunjukkan peningkatan self esteem seperti yang terlihat pada perilaku bertindak mandiri, berani mengatasi masalahnya sendiri dan berani tampil di depan setelah diberikan layanan bimbingan klasikal. Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Self Esteem, Bimbingan Klasikal. ABSTRACT This research is motivated by the low self-esteem of students in SMP Negeri 2 Rantepao class VIII.11. This can be seen from the behavior of students such as being shy in expressing their opinions, not being confident in their abilities and being passive in learning. The purpose of this study was to analyze the role of BK teachers in improving the self-esteem of students in class VIII.11 through classical guidance services at SMP Negeri 2 Rantepao. The data collection methods used were interviews and observations with qualitative research methods. The data analysis techniques used were data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that BK teachers at SMP Negeri 2 Rantepao carried out their roles as motivators, transmitters, facilitators and evaluators in classical guidance to improve the self-esteem of students in class VIII.11. Keywords: Role of Guidance and Counseling Teachers, Self Esteem, Classical Guidance.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 18:27 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 18:27 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |