Implementasi Persiapan Mengajar: suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Implementasi Persiapan Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SMP Negeri 2 Rantetayo

Lobo', Yunita Rante (2012) Implementasi Persiapan Mengajar: suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Implementasi Persiapan Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SMP Negeri 2 Rantetayo. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
yunita_hd.doc

Download (176kB)
[img] Text
yunita_kp.doc

Download (66kB)
[img] Text
yunita_bab_1.doc

Download (89kB)
[img] Text
yunita_bab_2.doc

Download (342kB)
[img] Text
yunita_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
yunita_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
yunita_bab_5.doc

Download (14kB)
[img] Text
yunita_dp.doc

Download (29kB)
[img] Text
yunita_lp.doc

Download (25kB)
[img] Text
yunita_cv.doc

Download (18kB)

Abstract

Yunita Rante Lobo’ (20072619), Tahun 2012. Menyusun skripsi dengan judul “Implementasi Persiapan Mengajar”, dan subjudul “Suatu Tinjauan Teologis Praktis Tentang Implementasi Persiapan Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Rantetayo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Implementasi Persiapan Mengajar Guru PAK di SMP Negeri 2 Rantetayo. Persiapan mengajar merupakan usaha dan tindakan yang dilakukan oleh guru sebelum memulai kegiatan belajar mengajar di kelas. Dampak dari tidak adanya persiapan mengajar guru terhadap proses belajar mengajar di kelas adalah tidak terlaksananya kegiatan belajar mengajar secara terarah dan efektif, misalnya guru hanya memberikan catatan dan petanyaan-pertanyaan kepada murid-muridnya sampai jam mengajar selesai. Jika demikian tujuan pendidikan tidak akan bisa tercapai. Hal inilah yang kemudian menjadi bahan pemikiran penulis untuk melihat bagaimana pengaruh implementasi persiapan mengajar guru PAK di SMP Negeri 2 Rantetayo. Dalam merampung penulisan ini, metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara dengan teknik analisis deskriftif melalui reduksi data, analisis data, dan interpretasi data. Jumlah informan yang diteliti adalah dua orang guru PAK dan enam siswa SMP Negeri 2 Rantetayo. Setiap informan penulis wawancarai dan dari hasil wawancara tersebut yang kemudian membantu penulis untuk menganalisis. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 2 Rantetayo, belum sepenuhnya menyadari tentang pentingnya persiapan mengajar dari rumah sebelum masuk dalam ruangan kelas. Peranan guru sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing merupakan faktor penentu bagi kesuksesan siswanya dalam menciptakan dirinya sebagai anak yang baik dan berprestasi serta menjadi panutan bagi orang lain, sehingga di akhir skripsi ini penulis menyimpulkan bahwa guru PAK di SMP Negeri 2 Rantetayo belum sepenuhnya mampu mengimplementasikan persiapan mengajar. Hal ini terbukti dari penggunaan RP P dimana ada guru yang belum secara maksimal berpedoman pada PRR ketika sedang mengajar.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 02 Jan 2025 19:04
Last Modified: 02 Jan 2025 19:04
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3883

Actions (login required)

View Item View Item