Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas IV Di SDN 2 Makale Utara

Erniati, Erniati (2023) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas IV Di SDN 2 Makale Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
erniati_similarity_index.pdf

Download (145kB)
[img] Text
erniati_bab_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
erniati_bab_2.pdf

Download (7MB)
[img] Text
erniati_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
erniati_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
erniati_bab_5.pdf

Download (510kB)

Abstract

ERNIATI. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agma Kristen Kelas IV Di SDN 2 Makale Utara. Berdasarkan pengamatan penulis di SDN 2 Makale Utara, bahwa kreativitas belajar siswa sangat kurang dan bersifat satu arah saja khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Hal tersebut perlu ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran berbasis Edutainment. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan penerapan model pembelajaran berbasis Edutainment dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas IV di SDN 2 Makale Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kurt Lewin dan Mc. Taggart, penelitian ini di laksanakan di SDN 2 Makale Utara yang dilakukan dalam II siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, keberhasilan penelitian ini merupakan Fluensi, Fleksibility, orisinalitas, dan elaborasi. Instrumen penelitian lembar obserbasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I siswa mendapat skor persentase 58,9% masih dalam kategori baik dan meningkat pada pelaksanaan siklus II dengan skor persentase 76,5%. Simpulan dalam penelitian ini bahwa dalam pelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan menggunakan model berbasisi Edutainment yang didesain dalam bentuk games dan penyampaian materi dalam bentuk tayangan film membuat siswa terlibat aktif dan kreatif dalam mengikuti proses pembelajaran. Kata kunci: Model Edutainment, Kreativitas, Belajar, Pendidikan Agama Kristen

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: S.I.Pust sarmita sumule
Date Deposited: 12 Feb 2024 15:35
Last Modified: 30 Jul 2024 09:29
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item