Kompetensi Sosial dan Minat Belajar: Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAK terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Kristen Makale

Bala, Hesti (2014) Kompetensi Sosial dan Minat Belajar: Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAK terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Kristen Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
hesti_hd.doc

Download (152kB)
[img] Text
hesti_hd.doc

Download (152kB)
[img] Text
hesti_bab_1.doc

Download (112kB)
[img] Text
hesti_bab_2.doc

Download (509kB)
[img] Text
hesti_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
hesti_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
hesti_bab_5.doc

Download (661kB)
[img] Text
hesti_dp.doc

Download (29kB)
[img] Text
hesti_cv.doc

Download (30kB)

Abstract

Hesti Bala (2014), menyusun skripsi dengan judul: “Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAK terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Kristen Makale", yang diajukan kepada Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Toraja. Pemilihan topik ini, dilatar belakangi oleh pengalaman penulis melihat penerapan Kompetensi sosial guru PAK di SMP Kristen Makale yang cenderung kurang sehingga para siswa pun cenderung acuh tak acuh dalam belajar, khususnya mata pelajaran agama. Sekaitan dengan hal tersebut, penulis ketika melaksanakan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) dilokasi penelitian dan melalui proses belajar mengajar, penulis dalam pelaksanaan PPL tersebut melihat bahwa ternyata siswa juga membutuhkan adanya kontak-kontak sosial dengan guru khususnya guru PAK sehingga dapat menarik minat untuk belajar karena kompetensi sosial guru meliputi beberapa aspek yang sangat penting, yaitu: bersikap dan bertindak obyektif, beradaptasi dengan lingkungan, berkomunikasi secara efektif, dan empatik dan santun dalam berkomunikasi. Hal tersebutlah yang mendorong penulis untuk ingin mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi sosial guru PAK terhadap minat belajar di SMP Kristen Makale. Untuk mendapatkan data sehubungan dengan topik di atas, maka penulis melaksanakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif atau dengan cara membagikan angket, sebagai objek penelitian adalah Jumlah sampel dari populasi didasarkan pada tabel jumlah sampel menurut Krejcie Morgan adalah 248 orang dengan anggapan bahwa semua sampel homogen. Hasil observasi dan analisis data yang diolah dengan bantuan Statistical Product and Servise Solution (SPSS/V.20.0) memberikan gambaran bahwa Kompetensi sosial guru PAK berpengaruh signifikan terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Makale. Semakin naik atau meningkat Kompetensi sosial guru PAK, maka semakin meningkat atau naik Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Makale.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 30 Dec 2024 18:34
Last Modified: 30 Dec 2024 18:34
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3840

Actions (login required)

View Item View Item