Moralitas Remaja: suatu Tinjauan Teologis-Psikologis tentang Peranan Tenaga Pendidik dalam Proses Perkembangan Moral Siswa Di SMP Negeri 1 Makale

Kananlua’, Septin (2011) Moralitas Remaja: suatu Tinjauan Teologis-Psikologis tentang Peranan Tenaga Pendidik dalam Proses Perkembangan Moral Siswa Di SMP Negeri 1 Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
septin_hd.docx

Download (72kB)
[img] Text
septin_bab_1.docx

Download (28kB)
[img] Text
septin_bab_2.docx

Download (32kB)
[img] Text
septin_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
septin_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
septin_bab_5.docx

Download (8kB)
[img] Text
septin_dp.docx

Download (10kB)
[img] Text
septin_lp.docx

Download (83kB)
[img] Text
septin_cv.docx

Download (8kB)

Abstract

Septin Kananlua’, Judul: “MORALITAS REMAJA”, Suatu Tinjauan Teologis - Psikologis Tentang Peranan Tenaga Pendidik Dalam Proses Perkembangan Moral Siswa di SMP Negeri I Makale. Alasan penulis mengkaji topik karena keinginan penulis untuk memperoleh gambaran mengenai bagaimana guru sebagai tenaga pendidik menjalankan tugas dan tanggungjawabnya di tengah-tengah masyarakat dalam lingkup institusi pendidikan khususnya dalam perkembangan moral remaja. Pendidikan moral di sekolah-sekolah bertujuan dalam rangka menumbuhkan dan membekali para nara didik khususnya para remaja tentang pemahaman nilai-nilai moral yang harus disosialisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan itu, guru memegang peranan penting dalam usaha penanaman nilai-nilai moral pada remaja. Guru tidak hanya hadir di tengah institusi-institusi pendidikan sebagai penyalur ilmu untuk mencerdaskan para nara didik dari segi kognitif saja tetapi juga lebih pada usaha untuk mencerdaskan nara didik dari segi moral ynag nantinya akan berimplikasi pada tindakan dan perilaku. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi dan wawancara (interview) secara langsung dengan responden dan mengajukan pertanyaan secara lisan yang telah disusun dan disiapkan dalam daftar pertanyaan . narasumber dari penelitian ini adalah beberapa guru di SMP Negeri I Makale yang betul-betul erat kaitannya dengan topic yang dibahas dan diangkat oleh penulis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran para guru SMP di Negeri I Makale dalam perkembangan moral remaja masih butuh perhatian yang mendalam dan harus dikembangan. Peran guru dalam usaha perkembangan moral remaja adalah guru bertindak sebagai konselor yang memberikan bimbingan bagi para nara didik menyangkut masalah moral, juga bertindak sebagai pendidik yang bertugas untuk mengajarkan dan menyalurkan ilmu pengetahuan yang secara inplisit mengajarkan hal-hal yang menyangkut moral dan beberapa tugas dan peran lain yang diemban dalam rangka mendukung penanaman nilai-nilai moral bagi remaja.melihat kondisi dan relitas seperti itu, maka perlu langkah-langkah yang harus ditempuh oleh pihak sekolah dalam rangka penenaman nilai-nilai moral. Konsep inilah yang menggugah penulis untuk merefleksikannya dalam judul “Moralitas Remaja”

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 20 Mar 2024 14:55
Last Modified: 30 Jul 2024 08:35
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item