Analisis Fungsi Edukatif Mitos sebagai Media Pendidikan Karakter Anak di Jemaat GPDI Elshadday Angin-Angin.

Limbong, Intan (2022) Analisis Fungsi Edukatif Mitos sebagai Media Pendidikan Karakter Anak di Jemaat GPDI Elshadday Angin-Angin. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
intan_skpp.doc

Download (51kB)
[img] Text
intan_hd.doc

Download (258kB)
[img] Text
intan_kp.doc

Download (75kB)
[img] Text
intan_bab_1.doc

Download (68kB)
[img] Text
intan_bab_2.doc

Download (190kB)
[img] Text
intan_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text
intan_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
intan_bab_5.doc

Download (15kB)
[img] Text
intan_dp.doc

Download (32kB)
[img] Text
intan_lp.doc

Download (201kB)
[img] Text
intan_cv.doc

Download (30kB)

Abstract

Abstrak Intan Limbong: 1020186038, Analisis Fungsi Edukatif Mitos Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Di Jemaat GPDI Elshadday Angin-Angin. Penulis mengkaji judul ini dikarenakan seiring berjalannya waktu perkembangan alat komunikasi juga semakin maju. Nilai-nilai kebudayaan yang dijunjung tinggi masyarakat Toraja juga mulai rapuh. Nilai-nilai tersebut dapat berasal dari cerita mitos yang terdapat nilai kehidupan yang sifatnya mendidik dan mengajar. Hal ini mendorong penulis agar fungsi edukatif yang terdapat dalam cerita mitos tetap dilestarikan karena di dalamnya terdapat pesan serta nilai-nilai yang dapat dijadikan sebagai media dalam membentuk karakter anak. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, di mana dalam penelitian ini data - datanya diperoleh melalui wawancara dan observasi. Metode penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang dilakukan berdasarkan deskriptif, yang bertolak dari ketidaktahuan atau di mana seorang peneliti belum memiliki pengetahuan sebelumnya tentang objek yang akan diteliti. Untuk memperoleh data yang akurat dari lapangan maka seorang peneliti akan melakukan wawancara dengan beberapa informan, jumlah informan yang diwawancarai dalam penelitian ini ada 8 orang. Melalui tahap penelitian akhirnya penulis sampai pada tahap kesimpulan dari setiap materi yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerita mitos yang di dalamnya terdapat didikan atau ajaran mempunyai peranan dalam pembentukan karakter anak. Hal ini disebabkan karena nilai-nilai yang terkandung dalam cerita mitos masih ada hingga saat ini. Kata kunci: Mitos, Pendidikan, Karakter, Anak. abstract Intan Limbong: 1020186038, Analysis of the Educational Function of Myth as a Media for Educating Children's Character in the GPDI Elshadday Congregation of Winds. The author examines this title because over time the development of communication tools is also increasingly advanced. The cultural values that the Toraja people hold in high esteem are also starting to crumble. These values can come from mythical stories that contain life values that are educational and teaching. This encourages the writer to preserve the educational function contained in mythical stories because it contains messages and values that can be used as media in shaping children's character. The method used by the author in this study is field research with a qualitative approach, where in this study the data were obtained through interviews and observations. Qualitative research method is a research conducted based on descriptive, which departs from ignorance or where a researcher does not have prior knowledge about the object to be studied. To obtain accurate data from the field, a researcher will conduct interviews with several informants, the number of informants interviewed in this research is 8 people. Through the research stage, the writer finally arrived at the conclusion stage of each material obtained from interviews and observations. The results of this study indicate that mythical stories in which there is upbringing or teachings have a role in the formation of children’s character. This is because the values contained in mythical stories still exist today. keywords: Myth of Education, Character, Children.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 13 Sep 2024 18:34
Last Modified: 13 Sep 2024 18:34
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2441

Actions (login required)

View Item View Item