Mangalla, Damaris (2012) Suatu Tinjauan Teologis tentang Pemanfaatan Lingkungan bagi Peningkatan Hasil Belajar PAK di SMP Kristen Sangalla. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
damaris_hd.doc Download (1MB) |
|
Text
damaris_kp.doc Download (52kB) |
|
Text
damaris_bab_1.doc Download (129kB) |
|
Text
damaris_bab_2.doc Download (335kB) |
|
Text
damaris_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text
damaris_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text
damaris_bab_5.doc Download (52kB) |
|
Text
damaris_dp.doc Download (20kB) |
|
Text
damaris_lp.doc Download (44kB) |
|
Text
damaris_cv.doc Download (20kB) |
Abstract
Damaris Mangalla, 20102987 Suatu Tinjauan Teologis Tentang Pemanfaatan Lingkungan Bagi Peningkatan Hasil Belajar PAK di SMP Kristen Sangalla9 .Dibimbing oleh Bapak Calvin Sholla Rupa>M.Th dan Bapak Setrianto Tarrapa’,M.Pd.k. Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar merupakan bentuk pembelajaran yang berpihak pada pembelajaran melalui penggalian dan penemuan serta keterkaitan antara materi pelajaran. Pada pembelajaran dengan strategi ini guru bertindak sebagai pelatih yaitu membantu siswa dalam menemukan materi belajar, mengintegrasikan pengetahuan. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar telah memberi implikasi dalam memacu peningkatan hasil belajar siswa di SMP Kristen Sangalla’ misalnya dalam memilih tempat belajar, mengunjungi objek wisata, perkunjungan ke jemaat-jemaat dalam bentuk paduan suara. Dengan menggunakan lokasi atau lingkungan yang nyaman itu merupakan suatu cara yang efektif untuk mengumpulkan sumber materi dan dapat dioptimalkan dalam proses belajar mengajar untuk memperkaya bahan dan kegiatan belajar siswa di sekolah. Peningkatan pemahaman guru terhadap pentingnya pemanfaatan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar. Data dan informasi yang penulis gunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik wawancara, observasi. Data tersebut diolah menggunakan metode pendekatan deskriptif naratif yaitu data yang diperoleh di lapangan melalui wawancara terhadap 12 orang responden, dipaparkan apa adanya berdasarkan kenyataan yang tegadi di lapangan. Melalui penulisan ini, penulis berharap hendaknya guru di sekolah lebih memanfaatkan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | ap sarmita sumule |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 15:07 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 14:02 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1714 |
Actions (login required)
View Item |