Pengembangan Soft Skill Siswa Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Mata Pelajaran Agama Kristen Kelas X di SMK Kristen Makale

Sinding, Riska Reti (2023) Pengembangan Soft Skill Siswa Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Mata Pelajaran Agama Kristen Kelas X di SMK Kristen Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
riska_hd.docx

Download (128kB)
[img] Text
riska_bab_1.docx

Download (12kB)
[img] Text
riska_bab_2.docx

Download (75kB)
[img] Text
riska_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
riska_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
riska_bab_5.docx

Download (9kB)
[img] Text
riska_dp.docx

Download (10kB)
[img] Text
riska_lp.docx

Download (458kB)
[img] Text
riska_cv.docx

Download (13kB)

Abstract

Pengembangan Soft Skill Siswa Melalui Metode Cooperative Leaminng Tipe Jigsaw Dalam Mata Pelajaran Agana Kristen Kelas X Di SMK Kristen Makale Oleh: Riska Reti Sinding (Dibimbing oleh: Mery Toban, S.ThvM.Pd.K dan Serdianus, M.Pd.) Dalam dunia pekerjaan soft skill memiliki peranan yang sangat penting namun realita yang terjadi hard skill yang lebih dominan ditingkatkan oleh para siswa, sehingga peningkatan soft skill dan hard skill tidak seimbang, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta meningkatkan soft skill siswa dengan menerapkan metode cooperative learning tipe jigsaw. Ada tiga faktor soft skill yang dikemukan oleh Safrudin yang menjadi objek dalam penelitian ini, yaitu kemampuan emosional, ke mampuan sosial, dan kemampuan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tingkatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek observasi berjumlah 14 anak didik, terdiri dari 1 murid laki-laki dan 13 murid perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa dan lembar observasi. Pengamatan dari penelitian ini menunjukkan bahwa soft skill siswa meningkat setiap siklusnya. Data tambahan menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan soft skill siswa kelas X akuntansi di SMK Kristen Makale.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 01 Mar 2024 18:53
Last Modified: 29 Jul 2024 13:30
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item