Ratmiati, Ratmiati (2016) Kualitas Guru PAK sebagai Fasilitator Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SD Inpres Swakarsa Tommo V. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
ratmiati_hd.docx Download (57kB) |
|
Text
ratmiati_kp.docx Download (11kB) |
|
Text
ratmiati_bab_1.docx Download (11kB) |
|
Text
ratmiati_bab_2.docx Download (62kB) |
|
Text
ratmiati_bab_3.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) | Request a copy |
|
Text
ratmiati_bab_4.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) | Request a copy |
|
Text
ratmiati_bab_5.docx Download (7kB) |
|
Text
ratmiati_dp.docx Download (8kB) |
|
Text
ratmiati_cv.pdf Download (198kB) |
Abstract
Ratmiati (20113245) dengan judul Kualitas Guru PAK Sebagai Fasilitator Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Inpres Swakarsa Tommo V Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju. Dibimbing oleh Alfrida L. Membala, M.Pd.K dan Mery Toban, S.Th., M.Pd.K. Kajian ini didorong oleh keprihatinan penulis melihat sikap siswa yang mulai tidak termotivasi dalam belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap siswa yang acuh terhadap proses pembelajaran, tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi, serta tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan ada sebagian siswa yang jika temannya belajar mereka di luar. Merespons adanya permasalahan yang teijadi di lembaga pendidikan tentang siswa yang tidak termotivasi dalam belajar yang semakin meningkat, maka digunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan kajian pustaka, observasi dan wawancara. Setelah melakukan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa kualitas guru sebagai fasilitator pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa belum maksimal. Hal ini ditandai dengan cara guru memfasilitasi siswa dalam belajar masih mendominasi pembelajaran dengan ceramah dan belum menggunakan alat-alat tekhnologi yang canggih. Kepada SD Inpres Swakarsa Tommo V secara khusus kepada guru, agar menjadi fasilitator yang baik bagi siswa, terbuka bagi siswa dan mendengarkan siswa terutama tentang perasaannya, meningkatkan hubungan dengan siswa seperti halnya terhadap bahan pembelajaran, memahami karakter siswa dan menata pembelajaran sekreatif mungkin sehingga dapat membuat siswa termotivasi dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 20:11 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 15:25 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/781 |
Actions (login required)
View Item |