Sua', Mariana (2025) Penerapan Ular Tangga Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Bentuk Huruf pada AnakTK Negeri Pembina Mebali. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
mariana_skpp.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
mariana_hd.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
mariana_kp.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
mariana_bab_1.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
mariana_bab_2.pdf Download (583kB) |
![]() |
Text
mariana_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) | Request a copy |
![]() |
Text
mariana_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) | Request a copy |
![]() |
Text
mariana_bab_5.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
mariana_dp.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
mariana_lp.pdf Download (587kB) |
![]() |
Text
mariana_lp2.pdf Download (692kB) |
![]() |
Text
mariana_cv.pdf Download (168kB) |
Abstract
Abstrak : Kemampuan pengenalan bentuk huruf pada anak masih tergolong rendah, terdapat 10 dari 12 anak yang belum mampu mengenal huruf, membedakan, meniru, menyebutkan huruf, serta kurang memahami huruf oleh karena pada saat proses pembelajaran anak hanya diberikan lembar kerja anak (LKA), menuliskan huruf di papan tulis sebagai contoh untuk ditiru oleh anak di lembar kerja, sehingga anak merasa jenuh untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan ular tangga huruf dalam meningkatkan kemampuan pengenalan huruf pada anak di TK Negeri Pembina Mebali, yang melibatkan 12 anak. Menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan 2 siklus dengan masing-masing 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan permainan ular tangga huruf, kemampuan pengenalan bentuk huruf pada anak meningkat, yang dapat diketahui pada pra-siklus hanya 16% anak yang memiliki kemampuan pengenalan bentuk huruf, kemudian meningkat menjadi 75% anak pada siklus I, sedangakan pada siklus II ada 70% anak yang mengalami peningkatan skor kemampuan pengenalan huruf. Kata Kunci: Ular Tangga Huruf, Pengenalan Huruf. ABSTRACT Abstract: Children's letter recognition skills are still relatively low. Ten out of twelve children are unable to recognize, differentiate, iniitate, or nanie letters. They also lack understanding of letters. This is because, diiring the leaming process, children are only given worksheets (LKA), and letters are written on the blackboard as examplesfar theni to iniitate. This leads to boredoni in leaming. This study aims to deterniine the application of the Snakes and Ladders ganie to iniprove letter recognition skills in children at Pembina Mebali State Kindergarten, involving 12 children. Using a classroom action research (CAR) melhodology, two cycles were conducted, each with fbur stages: planning, iniplementation, observation, and reflection. The results showed that through the iniplementation of the Snakes and Ladders ganie, children's letter recognition skills iniproved. In the pre-cycle, only 16% of children had letter recognition skills. This increased to 75% in cycle /, while in cycle II, 70% of children experienced an increase in their letter recognition scores. Keyivords: Snakes and Ladders, Letter Recognition.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias m. |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 15:25 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 15:25 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |