Kristiani, Icha (2025) Penerapan Bimbingan Klasikal Teknik Permainan Simulasi dalam Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Kelas VIIIb SMP Negeri 1 Kesu’. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
icha_skpp.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
icha_hd.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
icha_kp.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
icha_bab_1.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
icha_bab_2.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
icha_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
![]() |
Text
icha_bab_4.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
icha_bab_5.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
icha_dp.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
icha_lp.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text
icha_lp2.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
icha_cv.pdf Download (130kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan kerjasama siswa kelas VIIIb UPT SMP Negeri 1 Kesu’, di mana sebagian besar siswa kurang bertanggung jawab, kurang fokus, dan kurang aktif dalam menyelesaikan tugas kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bimbingan klasikal teknik permainan simulasi untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa kelas VIIIb UPT SMP Negeri 1 Kesu’. Menurut Katon & Riyadi siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi melalui kegiatan pembelajaran yang berfokus pada kerjasama karena mereka memiliki kesempatan untuk saling berbagi ide, pendapat, dan pemikiran mereka. Metode penelitian yang diigunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I 60% (18 siswa) memperoleh kategori cukup, 33,33% (10 siswa) memperoleh kategori baik, dan 6,67% (2 siswa) memperoleh kategori sangat baik. Pada siklus II mengalami peningkatan yakni 53,33% (16 siswa) memperoleh kategori baik dan 46,67% (14 siswa) memperoleh kategori sangat baik. Dengan demikian, penerapan bimbingan klasikal teknik permainan simulasi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kerjasama siswa. Kata kunci: bimbingan klasikal, permainan simulasi, kerjasama ABSTRACT This research is motivated by the low cooperation skills of class VIIIb students of UPT SMP Negeri 1 Kesu’, where most students are less responsible, less focused, and less active in completing group assignments. The purpose of this study is to determine the application of classical guidance using simulation game techniques to improve the cooperation skills of class VIIIb students of UPT SMP Negeri 1 Kesu’. According to Katon & Riyadi, students can gain a better understanding of the material through learning activities that focus on cooperation because they have the opportunity to share their ideas, opinions, and thoughts. The research method used in this study is Classroom Action Research (CAR). The results showed that in cycle I 60% (18 students) obtained the sufficient category, 33.33% (10 students) obtained the good category, and 6.67% (2 students) obtained the very good category. In cycle II there was an increase, namely 53.33% (16 students) obtained the good category and 46.67% (14 students) obtained the very good category. Thus, the application of classical guidance using simulation game techniques has proven effective in improving students’ cooperation skills. Keywords: classical guidance, simulation games, collaboration
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | Andarias Manting |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 13:38 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 13:38 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |