Dampak Kecanduan Gadget pada Perkembangan Kognitif Siswa Berdasarkan Teori Piaget di SMPN 1 Rantebulahan Timur

Miliani, Endrikel Ayu (2025) Dampak Kecanduan Gadget pada Perkembangan Kognitif Siswa Berdasarkan Teori Piaget di SMPN 1 Rantebulahan Timur. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
endrikel_skpp.pdf

Download (53kB)
[img] Text
endrikel_hd.pdf

Download (234kB)
[img] Text
endrikel_kp.pdf

Download (249kB)
[img] Text
endrikel_bab_1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
endrikel_bab_2.pdf

Download (418kB)
[img] Text
endrikel_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
endrikel_bab_4.pdf

Download (293kB)
[img] Text
endrikel_bab_5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
endrikel_dp.pdf

Download (271kB)
[img] Text
endrikel_lp.pdf

Download (282kB)
[img] Text
endrikel_lp2.pdf

Download (250kB)
[img] Text
endrikel_cv.pdf

Download (501kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dampak kecanduan gadget pada perkembangan kognitif siswa yang dikaji menggunakan teori Jean Piaget untuk penciptaan lingkungan belajar yang lebih sehat dan produktif bagi siswa. teori yang digunakan adalah teori perkembangan kognitif Jean Piaget khususnya pada tahap perkembangan operasional formal usia 12-15 tahun dengan menggunakan metode penelitian studi kasus dan hasil dari penelitian ini adalah kecanduan gadget dapat menghambat perkembangan struktur kognitif yang seharusnya terbentuk secara optimal pada rentang usia 12–15 tahun Ketika kecanduan gadget tidak dikendalikan tidak dikendalikan, siswa menjadi lebih pasif secara mental, lebih cepat terdistraksi, dan mengalami penurunan motivasi dalam belajar. Lebih jauh lagi, kondisi ini tidak hanya berdampak pada aspek kognitif, tetapi juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan mental jika tidak mendapatkan intervensi yang tepat baik dari pihak sekolah maupun orang tua Dengan upaya terpadu, diharapkan dampak negatif kecanduan gadget dapat diminimalkan dan siswa dapat mencapai perkembangan kognitif yang optimal sebagaimana yang dijelaskan oleh teori Piaget Kata Kunci: Kecanduan gadget, Jean Piaget, perkembangan Kognitif. ABSTRACK This study aims to examine the impact of gadget addiction on students' cognitive development, using Jean Piaget's theory to create a healthier and more productive learning environment for students. The theory used is Jean Piaget's cognitive development theory, specifically at the formal operational stage of development for children aged 12-15 years. The case study method was used. The results of this study indicate that gadget addiction can hinder the development of cognitive structures that should be optimally formed between the ages of 12 and 15. When gadget addiction is not controlled, students become more mentally passive, more easily distracted, and experience decreased motivation to learn. Furthermore, this condition not only impacts cognitive aspects but can also lead to various mental health problems if not properly intervened by both the school and parents. With integrated efforts, it is hoped that the negative impact of gadget addiction can be minimized and students can achieve optimal cognitive development as described by Piaget's theory. Keywords: Gadget addiction, Jean Piaget, Cognitive development.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Andarias Manting
Date Deposited: 30 Jul 2025 13:10
Last Modified: 30 Jul 2025 13:10
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4814

Actions (login required)

View Item View Item