Implementasi Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Permainan Simulasi dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap 5 Gandangbatu Sillanan

Kassa', Yorinda (2025) Implementasi Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Permainan Simulasi dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap 5 Gandangbatu Sillanan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
yorinda_skpp.pdf

Download (61kB)
[img] Text
yorinda_hd.pdf

Download (267kB)
[img] Text
yorinda_kp.pdf

Download (574kB)
[img] Text
yorinda_bab_1.pdf

Download (587kB)
[img] Text
yorinda_bab_2.pdf

Download (689kB)
[img] Text
yorinda_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text
yorinda_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
yorinda_bab_5.pdf

Download (468kB)
[img] Text
yorinda_dp.pdf

Download (497kB)
[img] Text
yorinda_lp.pdf

Download (530kB)
[img] Text
yorinda_lp2.pdf

Download (475kB)
[img] Text
yorinda_cv.pdf

Download (352kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemandirian belajar siswa, yang ditandai dengan kurangnya inisiatif, percaya diri, bertanggung jawab, dan menyelesaikan tugas belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi layanan bimbingan klasikal teknik permainan simulasi dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Satap 5 Gandangbatu sillanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencaaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila 75% siswa mengalami perubahan peningkatan kemandirian belajar. Berdasarkan hasil yang didapatkan setelah pelaksanaan siklus pertama yaitu 63% siswa mengalami perubahan peningkatan kemandirian belajar dan pada siklus kedua yaitu 78% siswa mengalami perubahan peningkatan kemandirian belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan mengimplementasikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik permainan simulasi dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci : Bimbingan klasikal, Permainan simulasi, Kemandirian belajar. ABSTRACT The problem in the study is the low levelof student learning independence, which is cgaracterized by a lack of initiative, self-confidence, responsibility, and completing learning tasks independently. This study aims to determine how the implementation of classical guidance services using simulation game techniques improves the learning independence of class VIII students of SMP Negeri Satap 5 Gandangbatu Sillanan. The method used in this study is classroom action research (PTK) which is carried out in two cycles cobsisting of planning, implementation, observation abd reflection. Data collection techniques are carried out through observation and documentation. This study is said to be cycle, namely 63% of students experienced changes ub icreasing learning independence and in the second cycle, namely 78% of students experienced changes in increasing learning independence. Thus, it can be concluded that implementing classical guidance services with simulation game techniques can improve student learning independence. Keywords : Classical Guidance, Simulation games,Learning independence.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias m.
Date Deposited: 29 Jul 2025 14:37
Last Modified: 29 Jul 2025 14:37
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4762

Actions (login required)

View Item View Item