Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Manajemen Waktu Siswa Kelas X 1 SMA Negeri 5 Tana Toraja

Pabalik, Anjela Selmiati (2025) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Manajemen Waktu Siswa Kelas X 1 SMA Negeri 5 Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
anjela_skpp.pdf

Download (111kB)
[img] Text
anjela_hd.pdf

Download (278kB)
[img] Text
anjela_kp.pdf

Download (235kB)
[img] Text
anjela_bab_1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
anjela_bab_2.pdf

Download (415kB)
[img] Text
anjela_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
anjela_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
anjela_bab_5.pdf

Download (173kB)
[img] Text
anjela_dp.pdf

Download (226kB)
[img] Text
anjela_lp.pdf

Download (256kB)
[img] Text
anjela_lp2.pdf

Download (204kB)
[img] Text
anjela_cv.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan manajemen waktu siswa, dengan fokus pada tiga jenis pola asuh: otoriter, permisif, dan demokratis. Pola asuh orang tua diyakini memainkan peran penting dalam pembentukan kebiasaan dan kedisiplinan anak, termasuk dalam mengelola waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan sampel siswa sekolah menengah atas yang dipilih dengan baik. Instrumen penelitian berupa angket yang mengukur persepsi siswa terhadap pola asuh orang tua dan kemampuan manajemen waktu siswa. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan manajemen waktu siswa. Pola asuh demokratis memiliki korelasi positif yang kuat, sementara pola asuh otoriter dan permisif menunjukkan hubungan yang lemah bahkan cenderung negatif. Temuan ini mengindikasikan bahwa pola asuh demokratis lebih efektif dalam mendukung pengembangan kemampuan manajemen waktu pada siswa. Kata Kunci : Pola Asuh, Manajemen Waktu ABSTRACT This study aims to determine the relationship between parenting styles and students' time management skills, focusing on three types of parenting styles: authoritarian, permissive, and democratic. Parenting styles are believed to play a crucial role in shaping children's habits and discipline, including time management. This study used a quantitative correlational approach with a well-selected sample of high school students. The research instrument was a questionnaire that measured students' perceptions of parenting styles and their time management skills. Data analysis using a Pearson correlation test showed a significant relationship between parenting styles and students' time management skills. Democratic parenting styles had a strong positive correlation, while authoritarian and permissive parenting styles showed weak, even negative, relationships. These findings indicate that democratic parenting styles are more effective in supporting the development of time management skills in students. Keywords: Parenting Style, Time Management.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias m.
Date Deposited: 29 Jul 2025 14:54
Last Modified: 29 Jul 2025 14:54
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4711

Actions (login required)

View Item View Item