Palungan, Nepiana Ruruk (2016) Analisis Proses Bimbingan Konseling oleh Guru PAK Sehubungan dengan Kepercayaan Diri Anak di SDN 219 Inpres Ranteba’tan Kecamatan Gandangbatu Sillanan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
nepiana_hd.docx Download (38kB) |
|
Text
nepiana_kp.docx Download (11kB) |
|
Text
nepiana_bab_1.docx Download (11kB) |
|
Text
nepiana_bab_2.docx Download (24kB) |
|
Text
nepiana_bab_3.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) | Request a copy |
|
Text
nepiana_bab_4.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) | Request a copy |
|
Text
nepiana_bab_5.docx Download (6kB) |
|
Text
nepiana_dp.docx Download (7kB) |
|
Text
nepiana_lp.docx Download (6kB) |
|
Text
nepiana_cv.pdf Download (164kB) |
Abstract
NEPIANA RURUK PALUNGAN, 20113229. “ Analisis Proses Bimbingan Konseling oleh Guru PAK Sehubungan dengan Kepercayaan Diri Anak di SDN 219 Inpres Ranteba’tan Kecamatan Gandangbatu Sillanan” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bimbingan konseling oleh Guru PAK sehubungan dengan kepercayaan diri anak di SDN 219 Inpres Ranteba’tan kecamatan Gandang Batu Sillanan. Sedangkan manfaatnya antara lain: Akademis: Dapat dijadikan sebagai referensi ilmu Mata kulia bimbingan Konseling, Pastoral, di Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja. Praktis yaitu: Untuk memberikan pengetahuan kepada peneliti dan pembaca mengenai makna yang terkandung dalam Bimbingan Konseling di Ranteba’tan dalam rangka mengembangkan teologi kontekstual, hasil penelitian ini dijadikan tolak ukur untuk mengevaluasi ulang sistem layanan konseling yang belum maksimal sehingga dapat dikembangkan dikemudian hari. Penelitian ini merupakan sebuah penulisan lapangan yang bersifat deskriftif yaitu penyajian data sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada dilapangan dengan suatu analisis individual metode kualitatif, atau dengan cara observasi dan wawancara dengan guru bimbingan konseling dan peserta didik yang kurang percaya diri. Hasil observasi dan wawancara menggambarkan bahwa peranan guru bimbingan konseling (Guru PAK) dalam membangun kepercayaan diri anak belum maksimal karena pada proses bimbingan konseling lebih kepada penyelesaian masalah yang dialami siswa jadi ketika dilihat kenyataanya hingga saat ini siswa belum memiliki rasa percaya diri yang seharusnya, pendidikan yang diterapkan percaya diri siswa, dengan demikian dapat dikatakan bahwa belum berporos pada percaya diri. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana proses bimbingan konseling sehubungan dengan kepercayaan diri anak SDN 219 Inpres Ranteba’tan. Dalam proses bimbingan konseling di sekolah dapat dikatakan kurang maksimal sehingga banyak siswa memiliki prestasi belajarnya kurang. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa hal yang melatarbelakangi hal tersebut antara lain: guru bimbingan konseling kurang memperhatikan peserta didik yang tidak percaya diri sehingga banyak diantara mereka yang mengalami prestasi belajarnya sangat kurang. Menurut Responden mereka hanya memperhatikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik kurang percaya diri.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 19:32 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 10:28 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/458 |
Actions (login required)
View Item |