Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan pada Usaha Kopi Salu Sopai di Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara

Kendek, Derli (2024) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan pada Usaha Kopi Salu Sopai di Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
derli_skpp.pdf

Download (65kB)
[img] Text
derli_hd.pdf

Download (374kB)
[img] Text
derli_kp.pdf

Download (445kB)
[img] Text
derli_bab_1.pdf

Download (450kB)
[img] Text
derli_bab_2.pdf

Download (589kB)
[img] Text
derli_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
derli_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
derli_bab_5.pdf

Download (423kB)
[img] Text
derli_dp.pdf

Download (543kB)
[img] Text
derli_cv.pdf

Download (411kB)

Abstract

Ditengah zaman yang semakin bertumbuh dan berkembang dimana semakin meningkatnya pencinta dan penikmat kopi menjadikan usaha Toko Kopi menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Hal itu ditandai dengan semakin meningkatnya usaha Toko Kopi dari Toko Kopi yang terkesan mewah dan ekslusif hingga Toko Kopi yang standar. Bagi masyarakat Toraja kopi tidak sekedar sebagai hasil pertanian melainkan juga sudah menjadi bahagian dari identitas kehidupan orang Toraja. Hal itu ditandai dengan tinginya tingkat minum kopi orang toraja. Pada umumnya orang toraja biasa meminum kopi 3-5 kali dalam sehari balikan beberapa orang biasanya lebih dari itu. Hal ini menunjukkan bahwa Kebiasaan minum kopi bagi masyarakat Toraja sudah mejadi gaya hidup. Karena itulah kemudian membuat masyarakat kemudian berusaha dan berupaya membanun usaha toko kopi hingga warung kopi sehingga membuat para pencinta dan penikmat kopi memiliki banyak pertimbangan dan perbandingan untuk mendapatkan kualitas kopi yang baik. Ditenga persaingan yang begitu kuat dan ketat usaha bisnis Toko Kopi yaitu toko Kopi Salu Sopai berusaha dan berupaya dengan menciptakan sebuah brand bisnis berbeda dengan toko yang lainnya tentu dengan satu tujuan menarik pelanggan. Karena itulah kemudian penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian pada usaha toko kopi salu sopai untuk melihat dan menganalisa factor - faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pendapatan pada usaha Kopi Salu Sopai. Dalam penelitian ini penulis akan menggunakan metode kualitatif sebagai instrumen penelitian, yaitu dengan menggambarkan hal-hal yang akan diteliti berdasarkan wawancara penulis dan juga hasil observasi penulis terhadap pemilik Toko, karyawan serta konsumen dari toko kopi salu sopai. Disamping itu juga penulis akan memberikan pemaparan serta penjelasan mengenai hal - hal yang berkaitan dengan penelitian penulis yang dilengkapi dengan dokumen - dokumen yang penilis anggap perlu dan penting dari penenlitian ini. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Kesimpulan yang akan diacpai dari penelitian ini adalah adalah melihat sejauh mana permasalahan yang sedang terjadi dengan mempertimbangkan produk yang ditawarkan, harga, tempat, serta publikasi yang akan dilakukan. Dalam penelitian ini Peneliti mencoba menggunakan 6 (enam) faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha toko kopi salu sopai antara lain : modal, lama usaha, pajak, branding, pemasaran serta lokasi usaha. Kata Kunci: pendapatan, Kopi, salu sopai ABSTRACT In the midst ofan increasingly growing and developing era where coffee lovers and connoisseurs are increasing, the Coffee Shop business has become a promising business opportunity. This is marked by the increasing increase in coffee shop business from coffee shops that seem luxurious and exclusive to Standard coffee shops. For the Toraja people, coffee is notjust an agricultural product but has also become part ofthe identity of Toraja people's lives. This is characterized by the high level ofcoffee drinking among Toraja people. In general, Torajan people usually drink coffee 3-5 times a day, some people even more than that. This shows that the habit of drinking coffee for the Torajan people has become a lifestyle. Because of this, people then try and make efforts to build coffee shops and coffee shops so that coffee lovers and connoisseurs have many considerations and comparisons to get good quality coffee. In the midst ofsuch strong and tight competition, the coffee shop business, namely the Salu Sopai Coffee shop, is trying and trying to create a business brand that is different from other shops, ofcourse with the sole aim of attracting customers. For this reason, the authorfelt interested in conducting research on the Salu Sopai coffee shop business to see and analyze whatfactors could influence the income ofthe Salu Sopai Coffee business. In this research the author will use qualitative methods as a research instrument, namely by describing the things that zvill be researched based on the author's interviews and also the results ofthe author's observations ofshop owners, employees and consumers from the Salu Sopai coffee shop. Apart from that, the author will also provide presentations and explanations regarding matters related to the author's research which are accompanied by documents that the author considers necessary and importantfor this research. Thus, it can be said that the conclusion that will be reached from this research is to see the extent ofthe problems that are occurring by considering the products offered, prices, places, and publications that will be carried out. In this research, researchers tried to use 6 (six) factors that influence the income of the Salu Sopai coffee shop business, including: Capital, length of business, taxes, branding, marketing and business location. Keywords: income, coffee, salu sopai.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 25 Mar 2025 13:34
Last Modified: 25 Mar 2025 13:34
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item View Item