Wahyuningsih, Tri (2021) Analisis Dampak Perubahan Kurikulum Nasional bagi Kinerja Guru PAK Jenjang SD se-kecamatan Sesean-Bangkelekila’. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
tri_skpp.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
tri_hd.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text
tri_kp.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
tri_bab_1.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
tri_bab_2.pdf Download (828kB) |
![]() |
Text
tri_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
![]() |
Text
tri_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
![]() |
Text
tri_bab_5.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
tri_dp.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
tri_lp.pdf Download (646kB) |
![]() |
Text
tri_cv.pdf Download (12kB) |
Abstract
Tri Wahyuningsih. 19020032. Analisis Dampak Perubahan Kurikulum Pendidikan Nasional dari KTSP ke Kurikulum 2013 bagi Kinerja Guru PAK Jenjang SD se-kecamatan Sesean-Bangkelekila’. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Program Pascasarjana, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, 2020. Perubahan merupakan suatu keniscayaan dalam dunia ini, karena pada dasarnya manusia menginginkan suatu perkembangan dalam hidupnya. Pendidikan merupakan wadah interaksi antara guru dan peserta didik yang dapat mendukung pada pengembangan diri. Olehnya itu, suatu keharusan bagi dunia pendidikan untuk mengembangkan berbagai inovasi demi tercapainya tujuan pendidikan yang optimal. Dari kerangka historis bangsa Indonesia, berkali-kali mengalami perubahan kurikulum, karena melalui perubahan kurikulum, pemerintah tentu berharap bahwa pendidikan yang berlangsung dapat mensejahterakan masyarakat, sesuai tujuan pendidikan nasional. Perubahan kurikulum dari KTSP 2006 ke Kurikulum 2013, merupakan salah satu usaha pemerintah untuk menyiapkan generasi bangsa untuk tantangan global, yaitu generasi emas tahun 2045. Tentu perubahan ini membawa berbagai dampak yang mungkin terjadi bagi guru selaku pelaksana di lapangan, yang perlu diteliti demi tindak lanjut dan pengambilan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Penentuan informan penelitian dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Sumber data penelitian ini berupa data primer berupa kata-kata dari informan dan data sekunder adalah berbagai dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, adaptasi guru PAK jenjang SD di kecamatan Sesean-Bangkelekila’ terhadap perubahan kurikulum dari KTSP ke Kurikulum 2013 masih rendah. Kedua, kinerja guru PAK di wilayah ini juga masih rendah, meskipun dalam dokumen penilaian ditunjukkan dengan penilaian baik, namun implementasi di lapangan belum menunjukkan optimalisasi kinerja . Ketiga, perubahan kurikulum membawa dampak yang cukup signifikan bagi kinerja guru, semakin rendah kemampuan implementasi kurikulum 2013, maka makin rendah pula kinerjanya, dan semakin tinggi tingkat penguasaan kurikulum 2013, makin tinggi pula tingkat kinerjanya. Kata Kunci: Perubahan, KTSP, Kurikulum 2013, Kinerja guru PAK.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 06:00 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 05:11 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |