Lewi, Lewi (2015) Mendidik dengan Perspektif Kepemilikan: Studi-Analisis tentang Perspektif Kepemilikan Guru PAK terhadap Peserta Didik dalam Mendidik di SMK Pariwisata Matallo Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
lewi_hd.docx Download (16kB) |
|
Text
lewi_kp.docx Download (11kB) |
|
Text
lewi_bab_1.docx Download (11kB) |
|
Text
lewi_bab_2.docx Download (45kB) |
|
Text
lewi_bab_3.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) | Request a copy |
|
Text
lewi_bab_4.docx Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text
lewi_bab_5.docx Download (9kB) |
|
Text
lewi_dp.docx Download (10kB) |
|
Text
lewi_lp.docx Download (6kB) |
|
Text
lewi_cv.pdf Download (174kB) |
Abstract
LEWI, 20113210. 2015 “MENDIDIK DENGAN PERSPEKTIF KEPEMILIKAN” dengan sub judul: “Studi-Analisis Tentang Perspektif Kepemilikan Guru PAK Terhadap Paserta Didik dalam Mendidik di SMK Pariwisata Matallo Rantepao”. Judul ini dipilih untuk memaparkan bagaimana perspektif kepemilikan guru pendidikan agama Kristen (PAK) terhadap peserta didik dalam mendidik di SMK Pariwisata Matallo Rantepao. Belum maksimalnya proses pendidikan di SMK Pariwisata Matallo Rantepao, akan berakibat pada tidak maksimalnya pencapaian hasil belajar dan pencapaian tujuan pendidikan. Baik guru maupun peserta didik, belum sampai pada kegiatan proses pendidikan yang seharusnya (idealnya). Hal ini terjadi karena adanya berbagai faktor. Salah satu diantaranya ialah pribadi guru dalam kaitannya dengan perspektifnya yakni perspektif kepemilikan terhadap tugas khususnya peserta didik, yang belum diwujudnyatakan. Perspektif kepemilikan yakni rasa memiliki {sense of belonging) terhadap peserta didik, akan menuntun seorang guru melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dalam membimbing dan mengarahkan peserta didik secara bertanggung jawab. Selain itu, dengan perspektif kepemilikan guru PAK terhadap tugas, khususnya peserta didik, tidak hanya akan membawa pengaruh bagi guru itu sendiri dalam mengeijakan tugasnya, tetapi juga bahwa kebutuhan peserta didik yakni kebutuhan akan perasaan diterima dan dimiliki serta memiliki, akan turut terpenuhi yang memungkinkan proses pendidikan berlangsung secara maksimal. Melihat perspektif kepemilikan sebagai suatu bagian dari kepribadian seseorang yang sangat penting khususnya guru, menuntut pentingnya perspektif kepemilikan terhadap peserta didik sebagai sasaran utama pendidikan. Memiliki pemahaman tentang perspektif kepemilikan atau rasa memiliki tanpa berpadu dengan tindak nyata, maka tidak ada artinya. Perspektif kepemilikan yang benar ialah yang bersifat praksis, sebagaimana dikatakan perspektif kepemilikan seseorang akan nampak dan berpengaruh terhadap tindakan yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 24 Mar 2024 20:51 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 10:10 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/428 |
Actions (login required)
View Item |